Skip to main content

Manfaat Bermain Rubik Cube untuk Anak-Anak

Hallo, apa kabar? selalu bahagia dan memiliki semangat yang luar biasa ya moms. Beberapa tahun yang lalu saya pernah membeli Rubik cube, tepatnya saat saya masih single dan memiliki banyak waktu luang. Jadi, mau muter-muterin Rubik cube itu berapa lama, it's okey. But now, setelah saya menjadi seorang ibu, i don't have time anymore, to play rubik cube.

Sekarang saya menjadi penonton saja, ketika Faiz dan abinya, sedang bermain rubik cube. Rubik cute tersebut dibeli di toko mainan, saat saya melihat Faiz, kebingungan memilih mainan yang akan dibelinya.

So, rubic cube be an alternative game untuk Faiz. Abinya juga sangat senang ketika melihat, Faiz membawa rubik cube. Tentunya dengan banyak manfaat yang didapat dari bermain rubik cube tersebut.

Permainan yang menguji akal dan logika, tentunya memberikan manfaat lebih untuk anak-anak. Rubik cube dikembangkan oleh Erno Rubik, seorang pematung dan profesor arsitektur dari Hongaria. 



Rubik cube ini ada banyak sekali macamnya, mulai yang standar cube (3x 3 x 3), poket cube (2 x 2 x 2), Miror cube dan namanya aneh-aneh, sampai saya melongo, saat menemukan di sebuah artikel. Untuk yang dua macam ini, Faiz juga belum begitu mahir.



Melihat Faiz antusias dan ingin belajar cara bermain rubik cube, abinya banyak belajar dari youtube. Mulai dari mencari tutorial yang paling sederhana, memainkannya dengan menggunakan waktu, sampai berkali-kali mencoba menyamakan warna, untuk 6 sisinya.

Faiz sudah dapat menyelesaikan tiga sisi rubik cube. Lumayanlah untuk anak seusianya. Tapi, semenjak rubik cube rusak, semuanya lepas karena dibanting oleh adiknya, yang masih unyu-unyu itu. Semuanya berhenti bermain rubik cube. Partnya lumayan kecil, dan saya pernah melihat satu part yang kecil, berada di dalam mulut Fira.

Permainan rubik cube ini, sangat mengasyikan looh, hayo siapa yang sudah jago? nanti ajarin Faiz ya, biar jadi master rubik cube. Selain mengasyikan, bermain rubik cube juga banyak manfaatnya untuk anak-anak.

  1. Mengasah kesabaran. Rubik akan membuat anak-anak menjadi lebih sabar. Bagaimana tidak? bermain rubik ini, harus tekun, salah sedikit harus mengulang kembali, sudah satu sisi, masih ada lima sisi yang harus diselesaikan.
  2. Meningkatkan konsentrasi. Bermain rubik harus konsentrasi saat memutar sisi per sisi. Jika konsentrasi buyar, permainan rubik akan memakan waktu yang lama.
  3. Melatih kecerdasan emosionalnya.
  4. Koordinasi otak dan tangan
  5. Melatih otak kanan.
  6. Memelihara memori jangka pendek.
  7. Menjaga sel-sel tetap hidup. Selain rubik cube, mengisi TTS atau permainan teka teki juga memiliki manfaat yang sama.
Bagaimana moms? permainan yang murah meriah ini, permainan yang jika dipandang sepele namun sangat membutuhkan konsentrasi dan kesabaran ini, memiliki manfaat yang sangat baik, untuk anak-anak.  



Rubik cube Faiz harganya 45.000 rupiah. Dibandingkan mainan Faiz yang lain, mainan ini bisa dimainkan oleh saya dan abinya. Jadi, masih ingin membelikan lagi yang memiliki kekuatan yang tahan lama dan tidak terurai ketika dibanting oleh Fira.

Comments

  1. toss dong suka main rubik juga ya, aku ma posting belum aja nih

    ReplyDelete
  2. oh, ini namanya rubik cabe ya, baru tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. cube, yes this is...anakku suka banget mainin

      Delete
  3. Saya dulu juga punya permainan rubik ini, mbak Astin. Anak saya juga saya belikan. Memang mengasyikkan ya rubik ini meskipun suka galau karena hanya tinggal beberapa warna tapi susah klopnya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini rahasia yaaak, dulu aku maininnya kutandai, jadi mudah buat mengembalikan lagi...hehee, kalau rahasianya anakku, dibongkaaar

      Delete
  4. Ada masa di mana anak-anakku suka main rubik cube.. Namun setelah bosan cati mainan lain :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…