Skip to main content

Gaya Faiz dan Fira Membaca Buku

Hai apa kabar semuanya? sudah membaca buku apa hari ini? Faiz dan Fira? buku apa yang sedang kalian senangi? Kalau Faiz ummi sudah paham dech, Faiz suka sekali dengan buku-buku dinosaurus. Nah, untuk Fira, hallo Fira? Fira senang dengan buku apa nich? pasti berbeda ya dengan kakak Faiz?

Kakak Faiz sudah tahu, tanggal 17 Mei 2016 itu adalah hari buku nasional. Dari mana tahunya? dari menonton televisi. Langsung dech Faiz melihat tumpukan buku-bukunya dan mengambil buku-buku yang menarik selain buku dinosaurus.



Fira juga mengikuti kakaknya yang mengambil buku seperti kakaknya. Sempat berebut kakak Faiz dan Fira ketika memilih buku. Kedua anak ini maunya samaan terus, padahal mereka berbeda jenis kelamin. Ummi pikir mereka memilih sama dalam hal mainan, ternyata dari buku yang disukai, mereka kompak juga.



Gaya Membaca Buku Faiz


Pada usia yang sama dengan Fira saat ini, Faiz masih asyik dengan membuka-buka lembar demi lembar buku-buku yang dipegangnya. Sudah mengerti mana atas dan bawah, jadi memegang bukunya tidak terbalik.

Namun sayang sekali, pada usianya, tangannya juga gemar merobek robek kertas dari halaman buku yang dipegangnya. Keusilan lainnya, senang sekali mengobrak abrik dan menjatuhkan buku-buku dari rak buku.

Gak mau menceritakan sedang membaca apa dan apa yang sulit untuk dibaca, ayolah Faiz, cerita


Faiz juga senang sekali membaca buku dengan gaya tiduran. Ketika dibacakan buku cerita oleh ummi, Faiz senang sekali. Dengan sabar, Faiz menunggu sampai ceritanya habis dan meminta untuk diulang lagi.

Gaya Faiz sekarang saat membaca buku, sudah seperti anak kuliahan yang gak mau membuat berisik temannya. Tidak ada suara dan mulutnya tidak komat kamit. Jadi ummi tu, pinginnya Faiz mengeja dan melafalkannya, agar bisa memberikan koreksi jika ada yang kurang benar.

Gaya Fira Membaca Buku


Hallo Fira? dududuuuh, bukunya mau dibawa kemana? anak ini senang sekali memindahkan buku-buku dari tempat semulanya. Fira juga senang sekali mengambil buku yang sedang ummi atau kakak Faiz pegang.

Jadi ini nich yang bikin geger dunia kakak Faiz. Fira paling tidak bisa duduk berdua dengan kakaknya dan bersama-sama melihat-lihat sebuah buku. Fira inginnya sendiri memegang buku dan menikmati sendiri.

Begitu juga ketika ummi membacakan sebuah buku. Berbeda dengan kakak Faiz, Fira malah merebut buku dari tangan ummi. Dia maunya membaca sendiri dengan mulut komat kamit bersuara keras, layaknya seorang guru membacakan buku kepada muridnya.

Lihat tuuuu tuuu mi, jadi ini anak enggak bisa diem kalau sedang baca buku


Jadi, selalu saja gagal ketika ummi membacakan buku cerita kepada Fira. Jadi, ya ummi harus kreatid mendongeng untuk Fira. Apa saja ummi ceritakan kepada Fira, terlebih ketika menemui hal-hal yang baru, ummi langsung memberikan gambaran ceritanya. Misalnya saat melihat burung di langit, ummi akan memberikan informasi bahwa burung itu terbang, punya sayap dan mengeluarkan telur.

And Then...


Setelah tahu gaya membaca buku Faiz dan Fira yang berbeda seratus delapan puluh derajat. Faiz lebih senang dibacakan buku oleh ummi dan Fira cenderung ingin membaca sendiri. Di sini, ummi tidak akan memaksakan, karena kalau dipaksa kan enggak nyaman ya.

Ummi juga menyadari memegang bukupun jarang sekali, seringnya juga buku anak-anak agar Faiz yang sedang belajar membaca juga mengikuti apa yang ummi lakukan. Berharap dapat memiliki lemari buku dan terisi dengan buku-buku yang sering dibaca oleh anak-anak.

Seperti lemari buku milik Mbak Fita Cakra. Penulis buku bacaan anak yang juga seorang blogger dengan tagline menulis dengan hati. Ibu dari tiga orang puteri ini, membiasakan anak-anaknya dengan membaca buku. Dengan membaca buku, pikiran dan otak anak akan menyerap hal-hal yang baru, hal-hal yang dapat mengembangkan imajinasi anak.

Mbak Fita juga menuliskan buku-buku karyanya dan buku-buku editannya di dalam blognya. Jadi, bisa menjadi sumber referensi nich, untuk bacaan anak-anak yang berkualitas bagus. Mbak Fita juga aktif memberikan pelatihan menulis untuk anak-anak yang gemar menulis cerita anak. Membangun menulis dan membaca buku merupakan hal yang sangat bermanfaat untuk anak-anak.

Duh, siapa ya diantara Faiz dan Fira yang mengikuti jejak anak-anak Mbak Fira yang mencintai buku dan menulis buku cerita? Tidak muluk dech, ummi hanya ingin kedua anak ummi ini mencintai buku, membaca buku yang bermanfaat dan menyebarkan informasi yang bermanfaat kepada orang lain. Aamiin.


Comments

  1. hihi... Fira lucu, mulutnya monyong2 gitu...
    Farras juga kalo baca buku sambil tiduran mak Astin hehe
    Sementara Fayda, walaupun udah bisa baca, tetep aja minta dibacain kalo bacaannya buku cerita :)

    ReplyDelete
  2. Cute sekali gaya mereka berdua membaca buku. :D

    ReplyDelete
  3. Bukunya Faiz dan Fira keren-keren smeua. Duh bikin aounti jadi mupeng. SIni pinjemi tante doang yg uddah gak kepakai :)

    ReplyDelete
  4. Gayanya fira mirip aku yak #okeyang ini cuma ngaku ngaku ahaggg
    Cubangetzzz pengen cubit

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…