Skip to main content

[Jalan-Jalan] Scientia Sequare Park

Pada hari libur 9 Maret 2016 kemarin, setelah menyaksikan gerhana matahari sebagian di wilayah Tangerang, romobongan kecil melakukan #jalanyuknak ke sebuah tempat di daerah serpong. Scientia Square Park adalah pilihan jalan-jalan pada hari libur Nyepi tahun ini.



Scientia square park merupakan sebuah taman terbuka dengan lahan hijau yang dilengkapi dengan fasilitas modern untuk melakukan aktivitas favorite keluarga. Scientia sequare park ini didirikan oleh PT Summarecon Agung Tbk, yang merupakan taman untuk melengkapi fasilitas yang ada di kawasan hunian modern Summarecon Serpong.

Scientia square park difungsikan sebagai taman hiburan, taman bermain, taman olahraga, taman edukasi. Ada banyak sekali fasilitas-fasilitas yang dihadirkan di sana, yuk jalan-jalan bersama Faiz dan Fira di scientia square park serpong.

Parkir 


Tempat parkirnya luas. Ada banyak sekali pohon-pohon yang belum begitu lebat, namun cukup untuk mengurangi tingkat polusi. Pepohonan tersebut akan melindungi kendaran yang parkir juga ketika panas menyengat.

Seperti waktu umi turun dari mobil, cuaca panas menyambut kedatangan rombongan kecil. Memang seharusnya untuk datang ke scientia square park pada pagi atau sore hari. Kata abi, next time akan berolah raga di sini.

Tiket Masuk


Tidak ada taman yang fasilitas dan kebersihannya bagus gratis kan? jadi, sebelum masuk, ayo beli dulu tiket di counter celengan. Bukan membeli tiket sich, tapi memasukan deposite pada sebuah kartu. Karena hanya untuk tiket masuk saja, jadi umi memasukan deposite sebesar nilai tiket masuk untuk 4 orang.



Tiket masuk pada hari libur kemarin satu orang 35.000 rupiah. Lumayan mahal pikir umi sewaktu menerima uang kembalian. Semoga fasilitas yang ditawarkan sebanding dengan harga yang harus dibayar.

Masuk melewati mbak dan mas penjaga yang akan memberikan gelang kertas kepada pengunjung. Kolam air panas dan beberapa permainan olah raga menyambut mata saat mengedarkan pandangan.

Kids Playground


Satu hal yang menarik di scientia square park adalah adanya kids playground yang ada di bagian depan dan di bagian dalamnya. Faiz mencoba pada tali titian dan jungkat jungkit. Tapi karena cuaca panas, jungkat jungkitnya panas.



Fira melihat anak-anak lainnya bermain air panas dan menikmati dengan berendam. Sayang sekali ya, rombongan kecil ini kurang persiapan, jadi ya, hanya bisa manyun ketika anak-anak lainnya bermain air di kolam air panas. #Pantesan ada yang membawa travel bag, ternyata membawa banyak sekali barang-barang? ;)



Lahan Hijau


Di tengah scientia square park terdapat lahan hijau yang sangat luas. Di samping kanan dan kiri ada pepohonan yang sangat rindang dan di bawahnya ada tempat duduk. tempat duduknya sangat nyaman sekali, terbuat dari kayu dan eeeem...banyak sekali pengunjung yang sedang duduk santai menikmati liburan mereka.

Ada yang tiduran, ada yang menikmati makanan yang dibawa dari rumah. Ada yang membaca buku, ada yang mengetik di laptop, ada yang mengawasi anak-anaknya yang sedang bermain sepak bola dan juga ada yang membawa raket bulu tangkis. Ada juga yang membawa sepeda untuk bermain sepeda bersama orangtua dan saudara-saudara.



Besok lagi, umi akan membawa notebook, bantal, makanan kecil, minuman, bola kaki Faiz dan Fira dan santai dech di scientia square park. Nabung lagi untuk tiket masuknya :(

Paddy Field


Di depan lahan hijau yang luas, ada tanaman jagung dan padi yang membentang subur. Yup, serasa di pedesaan sekali. Pantas saja para pengunjung yang kebanyakan adalah warga negara asing, yang mungkin tinggal di kawasan hunian summarecon serpong ini bersantai.

Semilir angin menambah suasana menjadi nyaman, mata juga akan mudah sekali terkatup jika tidak melakukan aktivitas apapun. Awalnya Faiz dan abinya menyeberang jembatan kecil yang di bawahnya terdapat sawah. Fira gelisah menunggu kakaknya, jadi umi ajak saja Fira menyeberang tapi tidak melalui jembatan.

Taman Kupu-Kupu / Learn About Butterfly


Menemukan Faiz dan abinya sedang asyik melihat-lihat tanaman yang segar-segar di seberang area. Kemudian Faiz mengajak Fira untuk masuk ke taman kupu-kupu. Sebuah tempat untuk belajar kupu-kupu.



Sebuah tempat yang banyak sekali jenis-jenis bunga dihinggapi kupu-kupu yang cantik-cantik. Faiz sangat senang memperhatikan kupu-kupu yang bermacam-macam. Kebetulan abi dari jurusan biologi, keluarlah jurus-jurus bagaimana cara memperhatikan hewan.

Sayuran Organik


Di depan taman kupu-kupu ada beberapa tanaman bunga dan sayuran organik. Ada dua buah saung untuk beristirahat pengunjung.  Saat Faiz dan Fira masih berada di tamana kupu-kupu, umi mengambil banyak foto-foto sayuran tersebut.



Ada kangkung, ada pokcoy (?), ada terong, ada bayam dan ada bunga yang sudah lama sekali tidak ditemui. Semuanya segar-segar dan ternyata memang dirawat. Disiram secara berkala dan disiangi jika ada yang rusak dan mati.

Kandang Kerbau


Setelah melihat ada tanaman padi dan jagung. Kini saatnya memberi makan kerbau yang telah membajak sawah. Ada dua buah kanang kerbau dan kerbaunya sehat sekali. Faiz dan Fira tidak takut duduk di atas kuda.



Seperti tanaman yang dirawat, kanadang kerbaunya juga dijaga oleh penjaga kerbau. Beliau merawat kerbau dan memberi makan serta membersihkan kotorannya. Faiz dan Fira gemas sekali dengan kerbaunya.

Di sebelah kandang kerbau ada tempat duduk dari bambu. Duuuh serasa pulang ke kampung halaman dech. Jika tidak memandang ke arah hunian apartemen di sebelah scientia square park, umi merasa ini adalah di sebuah kampung di masa kecil.

Bike Trial


Sayang sekali, tidak ada yang sedang bermain bike ini. Faiz juga tidak tahu kalau tempat yang bertanah merah ini untuk bermain sepeda motor yang sering dilihatnya. Ya sudah skip saja, anaknya juga sudah terlihat lelah.

Kolam Ikan Koi


Sebelum beranjak dari bagian belakang, umi melihat kolam ikan koi. Ikannya banyak sekali loh. Tenyata ada jadwal memberi makan ikan koi loh. Sayang sekali, waktunya tidak pas ketika Faiz dan Fira berkunjung.

Ayunan Bulat


Terakhir Faiz mencoba ayunan bulat. Ayunan bundar yang tinggi ini hanya satu, jadi antri untuk naik ke atasnya. Awalnya umi ingin naik, tapi tidak ada yang menjaga jadi ya, umi ngayunin Faiz saja dech. Tuh lihat santai dan nyamannya Faiz berada di dalam ayunan bundar ini. 



Saat Faiz naik ke atas ayunan bundar, Fira bermain di tengah-tengah lahan hijau dan abi susuk santai di rerumputan. Duh, sayang panas menyengat sekali buuu.

Skateboard

Lapangan skateboard sebetulnya berada di bagian depan scientia square park. Jadi ketika akan menuju pintu keluar, melewati lagi.

Faiz matanya sudah terpatuk ke anak-anak yang sedang bermain skateboard. Umi mencoba menjelaskan kepada Faiz, bahwa tidak boleh sembarangan bermain skateboard di lapangan semen ini. Dibutuhkan skill dan kemampuan, harus sudah pernah belajar skateboard sebelumnya. Akhirnya kaki Faiz mau beranjak dari lapangan skateboard.

Street Workout


Jika teman-teman yang sudah besar ingin berolahraga merenggangkan badan, street workout ini pilihannya. Tentunya harus dilakukan dengan hati-hati dan sudah memiliki kemampuan ya.



Wall Climbing


Di scietia square park ini seru sekali ya, sudah disajikan hamparan rumput hijau, tanaman padi, kupu-kupu, fasilitas olah raga, sekarang ada wall climbingnya.



Faiz dan Fira senang sekali berada di wall climbing. Ada matras yang ditumpuk untuk melindungi ketika sedang naik, lalu tiba-tiba jatuh. Umi tidak melihat ada pengawasnya, atau mungkin belum jamnya berlatih wall climbing ini.

Faiz mencoba beberapa kali dan hampir sudah bisa tiga tingkat kaki, tapi jatuh lagi jatuh lagi. Fira melompat lompat di matrasnya dengan bahagia meskipun panas menyengat.

In Line Skate


Ada sepatu roda yang disewakan. Hanya karena Faiz belum pernah berlatih dan umi abi tidak bisa sepatu roda juga, skip.

Sepertinya suatu saat nanti, harus balik lagi ke sini, untuk mengenalkan Faiz dengan banyak sekali olah raga yang seru dan menyenangkan. Seperti sepatu roda ini, sudah lama memang Faiz merengek minta sepatu roda, tapi ya, orangtuanya saja ndak bisa.

Keluar melewati pintu yang sama ketika masuk. Abi duduk-duduk di cafenya dan mengajak pulang karena tidak membawa dompet. Duh, ada-ada saja abi, jadi tidak mencoba menikmati makanan yang ada. 

Saran saya jika teman-teman ingin datang dan menikmati fasilitas yang ada di scientia square park adalah pagi atau sore hari. Pakailah baju yang santai dan nyaman. Jika ingin melakukan olah raga, tentunya bawalah baju ganti. 

Membawa bekal makanan dan minuman, jika perlu bawalah handuk untuk membasuh keringat. Jalan-jalan hari itu membawa banyak sekali pengalaman untuk romobongan kecil ini. Faiz dan Fira menikmati pemandangan hijau membentang, umi juga seperti kembali ke masa lalu, abi sepertinya menikmati pemandangan yang banyak pohon yang rindang. 

Scientia Square Park
Jl. Scientia Boulevard
Gading Serpong
Tangerang

Comments

  1. Sebagae warga tangerang aku mlh baru tahu ada tempat ini hahai
    Itu naek kebo lucuu banget

    ReplyDelete
  2. Faiz menikmati bgt ya itu, sampe coba panjat2 jugaa

    ReplyDelete
  3. Tempatnya bagus ya..cocok untuk anak-anak bereksplorasi

    ReplyDelete
  4. asik banget kayaknya ya Mb, anak2 pasti suka

    ReplyDelete
  5. aku pernah kesana waktu baru buka maish panas, skr udha banyak pohonnya ya

    ReplyDelete
  6. saya pernah kesini. Tempat memang bagus. Kalau deket rumah, kayaknya bakal sering main ke sini :D

    ReplyDelete
  7. Harus nyobain tempat yang kekinian ini nih.

    ReplyDelete
  8. Tambah banyak wahananya, tambah bagus.

    ReplyDelete
  9. Tambah banyak wahananya, tambah bagus.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…