Skip to main content

Perkembangan Balita Usia Satu Tahun Ke Atas

Haaai, apa kabar? amsih cerita tentang Fira nich, di mana usianya sudah satu tahun lebih lima bulan. Kata Abi, Fira sudah besar tapi kalau kata ummi, Fira masih bayi, masih pingin ummi dekepin, ciumin dan peluuuukin sampai Fira marah. Hehee, iya, anak-anak ummi, jarang mau dipeluk lama-lama, paling cuma cium sebentar, dekap sudah dech.

Baiklah, mi ingin catet perkembangan balita yang menggemaskan penjuru dunia ini, eheeee. Sebelumnya, boleh dong, Fira mau kenalin teman-teman Fira yang rata-rata semuanya cowo. Tapi, Fira juga senang kok, dan mau untuk berbaur dengan teman-teman cewe. Cuma, ada satu yang Fira tidak suka, yaitu ketika tangan teman-teman cewe yang jauh lebih besar, menjiwel pipi Fira. Fira langsung nangis, lho dan tidak mau keluar rumah lagi.



Berikut beberapa perkembangan balita Fira, yang dapat mi catat:

  1. Bicaranya sudah mulai lebih tiga suku kata, mi bi pegi ja (mi abi, pergi kerja).
  2. Kosakatanya sudah mulai banyak, tuh (jatuh), nduk (handuk), ndi(mandi), gi(lagi), dan semuanya rata-rata adalah pengucapan bagian belakangnya. Fira cepat sekali untuk meniru. Oleh karena itu, mi, bi dan kakak Faiz, harus hati-hati ketika sedang berbicara atau menucapkan sesuatu.
  3. Sudah mulai buka tutup lemari es. Mi sudah memindahkan sebagian kosmetik, obat-obatan dan barang-barang yang membahayakan, keluar dari lemari es.
  4. Mulai senang mengacak-acak rumah dan isinya.
  5. Mulai senang membantu, sudah dapat menyapu, mencuci piring, mengepel, meletakkan barang-barang dan lainnya
  6. Sudah mulai mengenal teman-temannya
  7. Memberikan reaksi marah dengan menelungkupkan wajahnya ke bantal/menjatuhkan badannya ke lantai.
  8. Belajar membuka bajunya sendiri
  9. Memanggil kakak Faiz
  10. Becanda dengan caranya sendiri
  11. Makan sendiri
  12. Mendorong benda berat
  13. Menarik benda berat
  14. Mengangkat benda
  15. Sudah paham dirinya pada foto
  16. Lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan
  17. Mengikuti gerakan menari, berdisko, menyentuh kepala, perut dan kaki
  18. Mengikuti nyanyian
  19. Sudah paham urutan sebuah lirik lagu
Tapi sayang kata Abi, Fira belum bisa minum susu dengan gelas biasa. Sepertinya ini adalah PR untuk ummi, mengajarkan hal tersebut untuk Fira. Mengapa? karena ketika kakak Faiz berusia satu tahun, masalah mencuci botol susu sudah tidak ada ceritanya. Kakak Faiz lebih cepat khatam menggunakan diapers, khatam lebih cepat dari pegang botol susu...tapi ya, walaupun setiap anak berbeda-beda, kita sebagai orangtua, sebaiknya memberikan stimulasi kan ya, kepada semua anak-anaknya? [2016:01]

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…