Skip to main content

Gigi Susu Tanggal Sendiri

Hai apa kabar semuanya? Faiz dan Fira? semuanya sehat-sehat saja kan? hihii semalam kalian benar-benar luar biasa. Kalian memaksa ummi yang sudah mengantuk untuk masih terjaga hingga pukul 22. Faiz meloncat-loncat dari kasur ke kasur lainnya dan Fira berjalan bolak-balik di dalam kamar. Kalian sama-sama menggunakan baju warna merah. Perbedaannya Faiz baru tanggal gigi susunya sedangkan Fira, gigi susunya sudah bertambah dua lagi.

Mi belajar dari pengalaman menyedihkan bersama gigi mi. Jadi kedua anak mi tidak boleh mengalami hal yang sama dengan keadaan gigi mi. Gigi mi sudah mulai rusak pada gigi gerahamnya pada usia belasan tahun. Awalnya sejak kecil mi susah sekali untuk gosok gigi. Ini pengakuan mi, jangan ditiru ya... sewaktu kecil mi disediakan sikat gigi dan pasta gigi oleh akung. Pasta giginya dibuang dan menyikat giginya menggunakan sikat gigi, tanpa pasta giginya. *aaaach tutup muka, mi tidak suka pasta giginya.

Gigi Susu Faiz


Apa kabar gigi susu Faiz? sangat bagus. Sejak kecil, sebelum gigi susunya lengkap berjumlah dua puluh, Faiz sudah rajin disikat giginya. Faiz juga menggunakan empeng dan setelah usianya satu tahun, dia sudah tidak mau mengempeng lagi, lepas sendiri. Berbarengan dengan itu, dot susunya , mi ganti dengan sippy cup atau gelas hisap. Gelas yang berfungsi untuk melatih anak agar bisa minum tanpa menumpahkan isi minumannya.

Pada usia dua tahun, Faiz lebih menyukai susu cokelat dan sering sekali minta dibelikan ice cream dan cokelat. Alhamdulillah meskipun begitu, Faiz tetap mau untuk sikat gigi, pasta giginya mi pilihkan dengan formula khusus anak-anak. Waktu itu mi pilihkan yang rasa banana. Semoga masih ada pasta gigi tersebut, mau cari buat Fira.

Sampai usia Faiz enam tahun, gigi susunya masih terlihat kokoh dan bagus. Kadang teledor ya, namanya anak-anak, sudah ingin mandi sendiri, kadang tidak sikat gigi. Tapi, beruntungnya Faiz menonton banyak film-film yang mengajarkan sikat gigi sebelum tidur. Jadi jika belum sikat gigi, Faiz merasa ada yang kurang daaaaan...dia masuk ke kamar mandi untuk sikat gigi.

Gigi Faiz mulai bergoyang


Tiga atau empat hari yang lalu, Faiz mengatakan bahwa giginya goyang dan minta diantarkan ke dokter gigi. Tapi abi menjawab, biar dia lepas sendiri, jangan digoyang goyang sendiri ya. Saat itu jika Faiz sedang berbicara, giginya nampak mengikuti lidahnya, duh kebayang tidak nyamannya kan? tapi mi juga berpesan untuk tidak sampai melepas atau mencabut gigi tersebut sendiri. Gigi yang goyang tersebut, gigi bagian bawah dan letaknya di tengah. Mungkin itu gigi susu yang pertama tumbuh sewaktu bayi ya.

Tiba-tiba, kemarin Faiz menghampiri mi yang sedang duduk. Dia memperlihatkan sesuatu ditangannya dan membuka mulutnya. Waaaaw, gigi Faiz  sudah lepas? iya copot sendiri mi, waktu Faiz sedang tidur-tiduran. Hm...Faiz bertanya, terus giginya diapain mi? dilempar lah ke atas atap. Heheee, ummi ngikik dan Faiz juga ketawain. Ach ummi ada-ada saja, gak boleh, giginya mendingan disimpan saja mi, dan ummi kehilangan gigi tersebut sekarang. Mi menyimpan di atas meja kerja mi dalam gulungan tissue.

gigi susu tanggal

Mi berkata kepada Faiz, gigi susu sudah tanggal, itu berarti Faiz sudah besar karena gigi tetapnya akan tumbuh. Nanti satu persatu gigi susu tersebut akan digantikan dengan gigi tetap. Sikat gigi yang teratur ya, Nak. Usahakan untuk mengatakan hal-hal yang tidak membuatmu nyaman ketika gigi tetap sudah tumbuh. Posisikan senyaman mungkin dan tidak boleh memasukkan benda apapun selain makanan ke dalam mulut. Teman-teman bagaimana? gigi susunya sudah mulai tanggal kah? atau malah dicabut? Usia Faiz saat gigi susunya tanggal sendiri adalah enam tahun dua bulan. [2015:12]

@astinas

Comments

  1. aaaa, apalagi Raissa gigignya item semua di depan...tp mudah2an anti tumbuh barunya gigi yg bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, hi Ra...makan cokelat lalu sikat gigi lalu ngaca dech. Itu yang Faiz selalu lakukan

      Delete
  2. kayak aku pas sd...ompong tengah bhihihi

    ReplyDelete
  3. Wah aku dulu juga gigi depan selalu tanggal sendiri, gak pernah dcabut ke dokter hehe..

    ReplyDelete
  4. Anakku giginya belom goyang, tapi bakal giginya udah tumbuh mbak, masih kecil sih, gimana dong

    ReplyDelete
  5. hawna satu demi satu gigi susunya sudah mulai banyak yang tanggal nih... katanya sih terakhir gigi susu itu tanggal pas usia 12 tahun.

    ReplyDelete
  6. Anakku gigi susu pertamanya belum tanggal. Padahal udah pada gigis giginya. :D

    BTW, saya sudah follow, ya? :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…