Skip to main content

Cerita Tumbuh Gigi pada Bayi

Pertumbuhan pada bayi, tidak semua sama. Catat ya ibu-ibu, karena jika kita selalu berpatok, kok anak itu sudah tumbuh gigi? kok anak saya masih belum tumbuh gigi pada bulan yang sama. Stop, sebaiknya jangan khawatir berlebihan, karena pertumbuhan bayi adalah berbeda-beda. Semua tahapan pertumbuhan bayi ya bu, bukan hanya pertumbuhan gigi saja. Memang ada tolak ukurnya, ada ambang batas, kapan bayi sudah bisa melakukan ini dan itu. Jika memang bayi belum terlihat pertumbuhan sampai usia yang ditentukan, sebaiknya ibu berkonsultasi kepada tenaga kesehatan atau dokter ya.

Usia Bayi Tumbuh Gigi


Mi aru sebatas membaca artikel-artikel dan buku-buku mengenai tahapan pertumbuhan gigi pada bayi. Ada gigi bayi yang mulai tumbuh sejak dalam kandungan. Logikanya, ibu hamil mengkonsumsi kalsium dan susu. Bayi dalam kandungan akan menyerak kandungan kalsium dan fosfat dari aliran darah ibu, sehingga zat tersebut termineralisasi menjadi gigi.

Pada usia bayi berusia enam bulan sejak dilahirkan, biasanya sudah ada yang tumbuh gigi. Bisa lebih awal bisa juga lebih lambat, pada masing-masing bayi akan berbeda-beda. Kalau menurut mi, itu semua tergantung stimulasi yang diberikan oleh orangtua kepada bayinya.

Pertumbuhan gigi bayi Faiz waktu itu pada usia empat bulan. Mi lupa atas dulu atau bawah dulu, karena semua bayi rata-rata memiliki posisi pertumbuhan gigi yang sama. Yaitu atas depan dan bawah depan. Gigi tersebut merupakan gigi seri, yang nantinya akan dipergunakan oleh bayi untuk menggigit sesuatu.

Pertumbuhan gigi bayi Fira pada usia tujuh bulan. Cukup terlambat jika mi berhitung atau menyamakan dengan kakaknya, Faiz. Sejak Fira berusia empat bulan, mi merasa Fira akan tumbuh gigi. Mengapa? sering sekali jemarinya dimasukkan ke dalam mulut dan dengan posisi digigit-gigit menggunakan gusi.

Tanda-Tanda Bayi akan Tumbuh Gigi


Fira panasnya tinggi sekali, mau makan, mau minum, cuma rewel sekali. Mungkin mau tumbuh gigi, coba dilihat gusinya? heheee, dari empat bulan itu, ada gusi yang sedikit menonjol dan mi pikir akan bertumbuh tinggi menjadi gigi.

tumbuh gigi


Mungkin iya ya, panasnya Fira akan tumbuh gigi, lalu bagaimana? ya? diberikan air putih yang banyak ya, minumin parasetamol jika bayi merasa tidak nyaman. Sebaiknya mah jangan dibawa ke dokter dulu, kecuali ada gejala lain yang menyertai. Karena jika sudah terlanjur ke dokter dan itu hanya tanda-tanda akan tumbuh gigi, kasihan bayinya.

Alhamdulillah, tumbuh gigi diusia tujuh bulan dengan panas sebentar, selanjutnya hayo tumbuh lagi dan tumbuh lagi. Hari ini, Bayi Fira sudah berusia satu tahun  tiga bulan. Giginya sudah enam dan akan tumbuh gigi lagi dua buah di tengan bawah.

Tanda-tandanya, jemari Fira suka sekali dimasukkan mulut kemudian bermain dengan gusi yang akan tumbuh tersebut. Jika ditarik jemrinya, bayi Fira akan marah dan terus akan mengelus-elus gusinya dengan jemarinya tersebut.

Stimulasi untuk Pertumbuhan Gigi Bayi


Mi ingin menceritakan stimulasi yang diberikan kepada Faiz dan Fira. Memang berbeda, pada Faiz, mi suka memberikan wortel rebus untuk digigit-gigit atau biskuit bayi. Bayi Fira hanya biskuit bayi dan itupun terkadang maunya yang instant. Maksudnya, mi memberikan remahan biskuit baru kemudian dimasukkan ke dalam mulut bayi Fira.

Jadi, ibu tidak perlu khawatir ya, jika bayi ibu pertumbuhannya tidak sama dari anak teman ibu. Dari satu ibu saja pertumbuhannya bisa berbeda apalagi dari dua ibu, iya kan? Nah sekarang ada baiknya untuk memberikan stimulasi yang berfungsi untuk merangasang pertumbuhan gigi bayi kita.
  1. Berikan biskuti bayi sesuai dengan usianya, yang bayi suka dan awasi.
  2. Berikan sayuran rebus, contohnya wortel, brokoli atau kentang rebus yang diiris tipis.
  3. Berikan teether yang nyaman dan bagus untuk bayi. Perhatikan saran penggunaanya. Nah, bayi Fira juga tidak suka menggunakan teether ini, kasihan ya. 
Demikian, sedikit cerita tumbuh gigi pada bayi. Ingat ya bu, dari satu ibu saja pertumbuhan bayi itu berbeda satu sama lainnya, apalagi dari dua ibu atau bahkan ratusan ribu ibu. Memang ada pertumbuhan yang sama, disyukur saja ya bu.

@astinas





 



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…