Sunday, 29 November 2015

Cerita Tumbuh Gigi pada Bayi

Pertumbuhan pada bayi, tidak semua sama. Catat ya ibu-ibu, karena jika kita selalu berpatok, kok anak itu sudah tumbuh gigi? kok anak saya masih belum tumbuh gigi pada bulan yang sama. Stop, sebaiknya jangan khawatir berlebihan, karena pertumbuhan bayi adalah berbeda-beda. Semua tahapan pertumbuhan bayi ya bu, bukan hanya pertumbuhan gigi saja. Memang ada tolak ukurnya, ada ambang batas, kapan bayi sudah bisa melakukan ini dan itu. Jika memang bayi belum terlihat pertumbuhan sampai usia yang ditentukan, sebaiknya ibu berkonsultasi kepada tenaga kesehatan atau dokter ya.

Usia Bayi Tumbuh Gigi


Mi aru sebatas membaca artikel-artikel dan buku-buku mengenai tahapan pertumbuhan gigi pada bayi. Ada gigi bayi yang mulai tumbuh sejak dalam kandungan. Logikanya, ibu hamil mengkonsumsi kalsium dan susu. Bayi dalam kandungan akan menyerak kandungan kalsium dan fosfat dari aliran darah ibu, sehingga zat tersebut termineralisasi menjadi gigi.

Pada usia bayi berusia enam bulan sejak dilahirkan, biasanya sudah ada yang tumbuh gigi. Bisa lebih awal bisa juga lebih lambat, pada masing-masing bayi akan berbeda-beda. Kalau menurut mi, itu semua tergantung stimulasi yang diberikan oleh orangtua kepada bayinya.

Pertumbuhan gigi bayi Faiz waktu itu pada usia empat bulan. Mi lupa atas dulu atau bawah dulu, karena semua bayi rata-rata memiliki posisi pertumbuhan gigi yang sama. Yaitu atas depan dan bawah depan. Gigi tersebut merupakan gigi seri, yang nantinya akan dipergunakan oleh bayi untuk menggigit sesuatu.

Pertumbuhan gigi bayi Fira pada usia tujuh bulan. Cukup terlambat jika mi berhitung atau menyamakan dengan kakaknya, Faiz. Sejak Fira berusia empat bulan, mi merasa Fira akan tumbuh gigi. Mengapa? sering sekali jemarinya dimasukkan ke dalam mulut dan dengan posisi digigit-gigit menggunakan gusi.

Tanda-Tanda Bayi akan Tumbuh Gigi


Fira panasnya tinggi sekali, mau makan, mau minum, cuma rewel sekali. Mungkin mau tumbuh gigi, coba dilihat gusinya? heheee, dari empat bulan itu, ada gusi yang sedikit menonjol dan mi pikir akan bertumbuh tinggi menjadi gigi.

tumbuh gigi


Mungkin iya ya, panasnya Fira akan tumbuh gigi, lalu bagaimana? ya? diberikan air putih yang banyak ya, minumin parasetamol jika bayi merasa tidak nyaman. Sebaiknya mah jangan dibawa ke dokter dulu, kecuali ada gejala lain yang menyertai. Karena jika sudah terlanjur ke dokter dan itu hanya tanda-tanda akan tumbuh gigi, kasihan bayinya.

Alhamdulillah, tumbuh gigi diusia tujuh bulan dengan panas sebentar, selanjutnya hayo tumbuh lagi dan tumbuh lagi. Hari ini, Bayi Fira sudah berusia satu tahun  tiga bulan. Giginya sudah enam dan akan tumbuh gigi lagi dua buah di tengan bawah.

Tanda-tandanya, jemari Fira suka sekali dimasukkan mulut kemudian bermain dengan gusi yang akan tumbuh tersebut. Jika ditarik jemrinya, bayi Fira akan marah dan terus akan mengelus-elus gusinya dengan jemarinya tersebut.

Stimulasi untuk Pertumbuhan Gigi Bayi


Mi ingin menceritakan stimulasi yang diberikan kepada Faiz dan Fira. Memang berbeda, pada Faiz, mi suka memberikan wortel rebus untuk digigit-gigit atau biskuit bayi. Bayi Fira hanya biskuit bayi dan itupun terkadang maunya yang instant. Maksudnya, mi memberikan remahan biskuit baru kemudian dimasukkan ke dalam mulut bayi Fira.

Jadi, ibu tidak perlu khawatir ya, jika bayi ibu pertumbuhannya tidak sama dari anak teman ibu. Dari satu ibu saja pertumbuhannya bisa berbeda apalagi dari dua ibu, iya kan? Nah sekarang ada baiknya untuk memberikan stimulasi yang berfungsi untuk merangasang pertumbuhan gigi bayi kita.
  1. Berikan biskuti bayi sesuai dengan usianya, yang bayi suka dan awasi.
  2. Berikan sayuran rebus, contohnya wortel, brokoli atau kentang rebus yang diiris tipis.
  3. Berikan teether yang nyaman dan bagus untuk bayi. Perhatikan saran penggunaanya. Nah, bayi Fira juga tidak suka menggunakan teether ini, kasihan ya. 
Demikian, sedikit cerita tumbuh gigi pada bayi. Ingat ya bu, dari satu ibu saja pertumbuhan bayi itu berbeda satu sama lainnya, apalagi dari dua ibu atau bahkan ratusan ribu ibu. Memang ada pertumbuhan yang sama, disyukur saja ya bu.

@astinas





 



1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...