Skip to main content

Tumbuh Kembang Bayi Fira Usia Sepuluh Bulan

Semua ibu pasti setuju, menyaksikan tumbuh dan kembang bayi dan balita merupakan masa-masa yang paling menyenangkan, meskipun ada saingannya yaitu masa ketika belanja kebutuhan pokok itu tidak dibatasi. Ehem, tapi lagi enggak bahas masalah belanja, dan emang gak mungkin iya, belanja itu tidak dibatasi.

Tumbuh dan kembang bayi dan balita merupakan masa yang sangat penting bagi anak tersebut dan juga bagi saya, ibu dari anak-anak tersebut, penting sekali. Tumbuhnya anak mampu mengindikatorkan bagiamana si ibu ini telah memberikan yang terbaik untuk anaknya dengan sentuhan indah Allah SWT, tentunya. Kembang, perkembangan anak merupakan bagian dari pertumbuhan anak yang senantiasa terus diberikan stimulus oleh ibunya, agar sesuai dengan tahapan-tahan di usianya, itu sih yang saya mengerti, jika salah mohon dikoreksi ya.

Pertumbuhan Bayi Fira usia Sepuluh Bulan

Susah sekali mengenakan jepit rambut di rambut Fira, dilepas mulu

Hallo, bayi Fira? iya..apa kabar kamu? iiich kok gitu siiich? iiih senengnya anak mi sudah bisa bangun dan mengerling manja tanpa menangis...aduuuh anak mi, kok besi dimakanin? aduh.

Apa saja indikator pertumbuhan seorang bayi berusia sepuluh bulan ini? mi googling, googling is the best, sekalian sebagai bahan masukan dan pengetahuan, yuk.
  1. Berat Badan : Hari Minggu kemarin, bayi Fira akan imunisasi Campak, namun karena masih batpil, jadi belum boleh, menurut dokter takut nanti ada infeksi. So, ketika pertama kali akan diperiksa, bayi Fira ditimbang dulu dan timbangannya tidak muat, sayang. Sembilan (9)  Kilogram dan mi cepat-cepat ikut menimbang juga, mi 41 kilogram.  
  2. Panjang Badan : Ini mi yang tidak lakukan, besok mudik tempat uti, minta meteran baju dech, buat mengukur panjang bayi Fira. Namun yang mi perhatikan adalah bajuku dulu menutupi lutut dan sekarang sudah tidak muat lagi. Itu berarti bayi Fira sudah bertambah dong panjang badannya.
  3. Gigi : Hayooo...gigi siapa yang sudah mengeluarkan bunyi gretak gretuk. Yip, awalnya mi cemas, karena memasuki usia delapan bulan, gigi bayi Fira belum tumbuh. Saat ini gigi bayi Fira sudah berjumlah lima (5) ada dua (2) di bawah dan tiga (3) di atas. Mungil sekali bentuk gigi bayi Fira. Makan apa sich bayi Fira? mi kasih makan apel, dan abi bilang diparut dooong.
Perkembangan Bayi Fira usia Sepuluh Bulan
  1. Bangun tidur, melek, duduk dan tersenyum mesrah. Alhamdulillah jarang-jarang menangis, karena apa? karena kecukupan cairan pada saat malam hari.
  2. Belajar berdiri sendiri setelah duduk, itu masih dilakukan di atas kasur.
  3. Turun dari tempat tidur dengan kaki terlebih dahulu, begitu juga ketika naik ke atas tempat tidur, setelah menaikkan badannya, kakinya diposisikan miring agar semuanya berada di atas tempat tidur. Kalau yang ini abi yang mengajari.
  4. Bertepuk tangan dan berjoget mendengarkan musik dan juga benda yang dipukul-pukul.
  5. Menarik korden dan memasukan benda apapun ke dalam mulut.
  6. Mengoperasikan remote TV dan diarahkan ke TV, remote AC diarahkan ke AC. Kalau ini efek melihat, meniru.
  7. Meletakkan handphone di telingga dan karet pengikat rambut umi di atas kepala.
  8. Memberikan benda yang dipegang ketika mi menyodongkan telapak tangan, setelah benda tersebut diberikan, tangannya bertepuk tangan.
  9. Berusaha merebut benda yang diinginkannya dan bersikeras untuk mengambilnya. Ini ketika berebutan dengan kakak Faiz.
  10. Masuk ke kata-kata : amamamam, mamamaa, apaa? apaa? enaaaa, enaaa, baah? dan mengeluarkan kata-kata seperti sedang mengobrol dan kemudian akan tersenyum ketika dibalas dengan obrolan juga. Namanya babling, contekan mi di google.
  11. Menyantap biskuit bayi dengan tenang dan lahap, mampu mengambil reruntuhannya di lantai dan memasukan kembali ke mulut. Almaaaak, kalau yang diambil yang lain? nah itu tugas ibunya, membersihkan lantai di rumah serta menghindari adanya benda-benda kecil di lantai serta...mengawasi si bayi Fira ini.
  12. Mencari benda yang disembunyikan oleh mi, berhasil dengan sukses ketika mi menyembunyikan handphone di belakang pantat. Aaaw...tahu ya?
  13. Ketika sedang berdiri sembari berpengangan, bayi Fira akan menurunkan perlahan-lahan pantatnya baru kemudian duduk. Alhamdulillah bulan kemarin mi lihat masih makjrok saja.
  14. Memainkan tombol kipas angin, menarik benda yang terletak di atas, membuka laci, membuka lemari dan mampu membuka tutup botol.
  15. Oiya, sudah lama sich, bayi Fira memegang botol susunya sendiri dan itu bakalan sakit hati tahu, kalau enggak haus sekali, botol susunya akan diberikan kemainannya dia, ke dinding, ke handphone, ke kaleng makanan, dan tragisnya dimasukkan ke dalam mulut kakaknya, abinya dan umminya, apdahal kan siang-siang mi lagi puasa ya.
  16. Melambaikan tangan ketika akan ada yang berangkat kerja atau keluar rumah dan melihat tanpa berkedip serasa ingin menangis.
  17. Membenamkan kepalanya dan memukulkan kakinya ketika sedang marah, marahnya kenapa? kenapa lagi kalau tidak berebut mainan sama kakaknya.
Sepertinya itu dulu ya, besok mi ceritakan lagi, pagi ini mi mengantuk sangat.

Salam
@astinas


Comments

  1. ya udah deh mbak di tunggu cerita selanjutnya :D

    ReplyDelete
  2. Hihi, disembunyikan ternyata masih tahu ya, mak. Kalo anak2 suka remahan biasanya karena lagi doyan pegang2 ya? Semoga Fira selalu sehat dan bertumbuh. :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau remahan makanan, semalam makan remahan yang kotor...aduduh

      Delete
  3. Fira nggemesin nih, nyemprot2in susu kemana2 hihihii... ayo lanjutkan Nak, biar Mi pusyiang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lanjutkan yo bude? baiklah...heheheeyup

      Delete
  4. Fira pinter, tumbuh kembangnya normal dan mengagumkam ya.. Moga sehat terus ya cantiik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya tante imut yang mau punya debay

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…