Wednesday, 4 February 2015

Karnaval Ayo Melek Gizi : Beri Anak-Anak Nutrisi Terbaik

Pagi anak-anak mi, panggil dulu ya, hallo Faiz sapa ke mi, dadaaah...itu kesukaan kamu ketika mi mengantar Faiz ke sekolah, hello Fira, emuuuuach apa kabar? itu dari Fira yang bangun tidur pagi. Hallo bunda semuanya yang ingin tahu mengenai Karnaval Ayo Melek Gizi, apa kabar semuanya? hari ini, mi ingin menceritakan, apa itu Karnaval Ayo Melek Gizi, mengapa harus ada yang namanya Melek Gizi?

Setiap hari, sebagai seorang ibu, mi selalu berpikir, apakah yang mi berikan kepada kalian, bergizi? makanan ini bergizikah? roti yang mi beli untuk Faiz, kandungan gizinya apa? ya Allah kadang, mi merasa bersalah sekali, jika apa yang kalian makan, jauh dari makanan dengan gizi yang seimbang. Nah, oleh karena itu, ada apakah dari Karnaval Ayo Melek Gizi yang diselenggarakan oleh Sari Husada?

Dari yang mi, baca, PT Sarihusada bersama dengan berbagai komunitas peduli gizi, mengadakan Karnaval Ayo Melek Gizi untuk merayakan hari gizi nasional. Acaranya diselenggarakan tepat pada hari gizi nasional, yaitu hari Minggu, 25 Januari 2015 di halaman Museum Nasional (Monas) di Jakarta.

Karnaval Ayo Melek Gizi, dibuka oleh istri wakil Gubernur DKI Jakarta, Ibu Heppy Farida Djarot dan Presiden Direktur PT Sarihusada, Oliver Pierredon. Nantinya, Bapak Oliver akan menjelaskan latar belakang mengapa Karnaval Ayo Melek Gizi diadakan.

#KarnavalGizi
Latar Belakang Diadakannya Karnaval Ayo Melek Gizi

Acara yang telah dicanangkan lima tahun lalu ini, dilatarbelakangi dengan pertumbuhan ekonomi negara Indoenesia yang semakin membaik, namun di tengah performa ekonomi yang membaik, Indoensia masih menghadapi persoalan gizi seperti stunting (kuntet) pada anak. Hal tersebut di jelaskan oleh Olivver Pierredon.

Karnaval Ayo Melek Gizi juga merupakan program dari kampaye Ayo Melek Gizi Sarihusada untuk meningkatkan status gizi masyarakat Indonesia melalui edukasi gizi seimbang, serta pentingnya gizi di kehidupan awal.

Berbagai Acara di Karnaval Ayo Melek Gizi

Acaranya berlangsung meriah dengan melakukan parade dari halaman Museum Nasional, menuju Bundaran HI kemudian kembali lagi ke Monas. Dalam parade Karnaval Ayo Melek Gizi, dilibatkan beberapa parade, seperti;
  1. Parade Ondel-Ondel berhiaskan  kostum buah dan sayuran
  2. Parade kostum buah dan sayur
  3. Parade musik tradisional
Tujuannya, memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melihat dan berpartisipasi secara langsung. Bagaimanapun masyarakat akan mengetahui bahwa betapa memperhatikan gizi adalah sangat penting, itu opini dari mi.

Di tengah acara diadakan demo masak oleh Chef  Muto, seorang host dari program televisi KunFu Chef . Demo masak yang ditampilkan sangat menarik dan tetap berhubungan dengan gizi, yaitu bagaimana cara mengolah makanan sehat dan bergizi. Acara ini pasti sangat menarik. karena kadang sebagai ibu, mi tidak terlalu paham bagaimana mengolah makanan sehat dan bergizi. Mungkin makanannya sudah bergizi, namun cara mengolahnya yang kurang tepat.

Gambar dari Nutrisi Anak Bangsa

Masyarakat yang datang juga dapat mengikuti program edukasi dan konsultasi gizi, mereka boleh menanyakan apakah anak saya gizinya seimbang jika menu buatan rumahan, seperti ini dan seperti ini. Acara ini sangat penting untuk diadakan, untuk mengedukasi masyarakat bahwa seberapa banyak gizi yang masuk, namun jika cara mengolahnya, atau keseimbangan gizinya berlebihan, itu menjadi tidak bermanfaat.
PT Sarihusada juga memberikan donasi kepada anak-anak dari panti asuhan berupa pemberian susu sebanyak 2015 Boks, pas sekali menunjukan tahun diselenggarakan acara Karnaval Ayo Melek Gizi tahun 2015.

Dari #KarnavalGizi Lalu Apa?

Bagi, mi yang menjadi ibu rumah tangga, ibu-ibu bagi Faiz dan Fira serta istri dari suami, menjadi chef salah satu pekerjaan yang mi dapatkan. Dengan membaca kegiatan Karnaval Ayo Melek Gizi, meskipun tidak hadir, harus lebih memperhatikan lagi, apalagi pemberian gizi pada kehidupan awal tersebut sangat penting.

Jadi untuk Fira, seperti kakak Faiz dahulu saat seusia lima bulan, mi menyediakan makanan pertama dengan memasak bubur/nasi saring sendiri. Apa tujuannya? agar mi mengetahui dengan pasti, makanan apa yang masuk dan dari segi kebersihan terjamin, yang pasti dapat menentukan gizinya.

Nasi saring buatan mi buat Fira


Untuk kakak Faiz yang sedang aktif dan lebih menyukai menikmati permainan dan film-film animasi, sehingga asupan makanan yang diminta, seringnya instant, mi harus lebih protektif lagi menyediakan makanannya, apalagi mi seharian bekerja di luar rumah.

Hal ini, tentunya menjadi PR dari Karnaval Ayo Melek Gizi, buat mi. Semoga, mi dapat lebih menyediakan waktu lagi untuk membuat makanan sendiri untuk anak-anak mi di rumah, Ayo Melek Gizi berawal dari rumah, karena rumah adalah tempat terindah bagi kalian jika sedang berpergian.

10 comments:

  1. Asiiikkkk...ayo rame rame melek giziiiiii
    Goodluck ya mama mi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mending bikin sendiri meski repot..hehee

      Delete
  2. hayooo fira mamam yang banyak yaaa :*

    ReplyDelete
  3. Apalagi buat emak2, penting banget melek gizi ya Mak :)

    ReplyDelete
  4. Seru ya mak acaranya. Emak memang harus melek gizi untuk keluarga

    ReplyDelete
  5. Wah seru ada kungfu chef hihihi...
    Iyaa alhamdulillah yah mak, qta bisa menyediakan makanan yg baik utk anak.. semoga sehat selalu utk faiz dan fira ^_^

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...