Skip to main content

Commuter Line Itu

Hallo anak mi yang bernama Faiz, apa kabarmu? hey, sayang...lagi apa kamu? hehee, Alhamdulillah ya, akhirnya Faiz bisa naik Commuter Line lagi, setelah beberapa kali merengek. Iya, mi kan bingung, mi libur, abi masuk, lalu Fira siapa yang menemani di rumah, jika mi bersama Faiz naik CL? dan akhirnya pertanyaan Faiz "Kapan, naik kereta listrik, lagi?" terjawab sudah ketika nenek datang ke rumah kita, dan hari kita berdua untuk naik CL.



Perjalanan kita kemana sayang? awalnya ingin seperti Mak Myra Anastasia yang mengajak KeNai jalan-jalan ke Museum di Kota Tua, sama juga dengan teman mi, Mak Riana yang mengajak 3 Boys. Namun, abi menyarankan untuk mengajak Faiz ke kota Bogor sekalian, naik CL. Faiz langsung menjawab, oke.

Hari Sabtu, 24 Januari 2015, Faiz dan mi berangkat ke setasiun terdekat untuk membeli tiket CL tujuan Bogor. Tiket CL tujuan Bogor dari setasiun terdekat dengan rumah adalah 5500 dan ditambahkan dengan uang jaminan 5000 jadi, totalnya adalah 22.000 rupiah untuk dua tiket.

Perjalanan Faiz dan mi menggunakan CL, telah ada ceritanya di blog ini, beberapa kali kami menggunakan sarana transportasi CL untuk berpergian. CL melaju ke arah setasiun transit setasiun Duri. Setelah turun di setasiun transit setasiun Duri, mi dan Faiz mengambil jalur dua, untuk menunggu CL Jakarta Kota menuju Bogor.

Hampir dua jam, CL tiba di setasiun terakhir setasiun Bogor. Alhamdulillah akhirnya pertanyaan Faiz, kapan naik CL terjawab sudah. Lalu, ada lagi pertanyaan Faiz, sebetulnya sejak dari setasiun transit Duri.

Pertanyaan Faiz mengenai Commuter Line
  1. Mengapa gerbong Commuter Line bisa bergoyang-goyang?
  2. Mengapa gerbong Commuter Line bisa disambung?
  3. Sambungan gerbong Commuter Line mengunakan apa?
  4. Mengapa sambungannya pada gerbong Commuter Line tidak bisa lepas?
  5. Bagaimana Commuter Line bisa bergerak?
  6. Bagaimana caranya Commuter Line bergerak? Faiz bertanya dengan melihat ke arah bawah Commuter Line di setasiun Bogor.
Mi mendengarkan dulu pertanyaan Faiz, baru menjawab dengan jawaban ringan ketika sedang berjalan menuju Depo Kereta Listrik di Bogor.


Jawaban ringan milik mi ***:
  1. Karena gerbongnya menyambung-nyambung, jalan keretanya juga tidak lurus saja,
  2. Karena menggunakan sambungan yang dikaitkan,
  3. Sambungannya mengunakan...tuuuh ada tali yang seperti kabel, Mi menunjuk ke arah tali di bawah sambungan CL di setasiun Duri, 
    Faiz mengamati bagian bawah Commuter Line
  4. Kalau bisa lepas berbahaya, disambung dengan peralatan yang canggih
  5. Bergerak karena daya listrik, setelah itu Faiz bertanya lagi : kalau listriknya mati? jawaban mi, menyambung jawaban dari abi ketika mi bertanya, persis seperti Faiz bertanya : PT Kereta Api Indoensia, khususnya Commuter Line memiliki pasokan listrik sendiri, jadi ketika rumah kita mati listrik, Commuter Line masih bisa berjalan.
  6. Rodanya berputar, tuuh mi... seperti ditarik, ini Faiz menjawab sendiri.
Kereta sudah pergi
Sementara Faiz puas dengan jawaban milik mi, namun masih penasaran dengan meminta mi, untuk merekam ketika Commuter Line bergerak.

Jadi, jika ada jawaban yang bisa menjawab dengan pasti pertanyaan Faiz mengenai Commuter Line, silahkan di jawab dengan komentar di blog ini, ya... mi sepertinya harus masuk ke sekolah masinis dech, seperti jawaban Faiz ketika ditanya ingin menjadi apa? masinis.

Foto by Faiz di Setasiun Bogor



Comments

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…