Monday 5 December 2016

Jajanan Anak Anak : Agar Agar Dua Warna

Hallo teman-teman Faiz dan Fira. Apa kabar kalian semua? sehat-sehat selalu ya. Alhamdulillah Faiz dan Fira juga sedang sehat. Faiz sedang melaksanan ujian semesteran. Kalau Fira sedang senang-senangnya menumpahkan mainan dari tempatnya. Ada beberapa tempat mainan di rumah. Seru banget. Numpahin satu tempat, ditinggalin, numpahin lagi yang lainnya. Ditinggalin, numpahin lagi yang lainnya sampai lantai rumah, enggak terlihat dech.

Daaan, ummi sedang senang-senangnya mengotori area dapur. Itu apa artinya? artinya ummi sedang membuat beberapa makanan. Hari ini, ummi membuat jajanan anak-anak. Bisa juga sich buat camilan ummi dan abi. Tapi jajanan anak-anak ini sangat disuka oleh anak-anak ummi. 😊



Di lemari makanan, masih ada beberapa bungkus agar-agar. Seingat ummi, ummi membeli agar-agar bungkus berwarna putih, merah, putih, cokelat dan hijau. Ummi ingin membuat lagi jajanan anak-anak agar-agar dua warna lagi. Setelah kemarin-kemarin sudah berwarna cokelat putih dan hijau putih. Saatnya merah putih. 

Dua bungkus agar-agar berwarna putih dan merah (warnanya merah yang ummi pikir). Satu bungkus agar-agar putih dibuat terlebih dahulu, lalu dimasukkan ke dalam tempat. Memasukkannya yang putih dulu, karena ummi ingin membuat dua warna; putih dan merah (masih belum ngeh nich). Agar-agar putih sudah mengeras, lalu ummi mengambil satu bungkus agar-agar lagi. Loh, kok sewaktu bubuk agar-agarnya ditumpahkan ke panci, warnanya kekuningan?. 😫

Warna kuning itu bikin ummi kaget,😳


Langsung dech, ummi ambil bungkusnya untuk melihat tanggal kadaluarsanya. Sudah takut jangan-jangan agar-agar bubuknya sudah kadaluarsa. Sebelum menemukan tanggal kadaluarsanya, ummi membaca di pojok atas kiri bungkus agar-agarnya. Warna orange, huaaaa... ada apa ini, ada apa ini? ummi enggak begitu memperhatikan apa yang tertulis di bungkus. Cuma asal ambil saja, waktu membeli. 😩 Jangan dilakukan lagi ya. Kalau membeli sesuatu, pastikan hal-hal yang penting dibaca juga. 

Warna orange. Ibu teman-teman Faiz dan Fira sudah pernah beli?


Alhamdulillah, jadi ada variasi warna dech kalau begini. Jajanan anak-anak agar-agar dua warna ; warna putih dan orange. Asyiiik, ummi enggak sabar mengambil gambarnya dan memberikan kepada anak-anak. Tapi perlu waktu juga untuk didinginkan di dalam lemari es, ya. Fira juga masih tidur sewaktu agar-agar dua warnanya selesai.

Kakak Faiz pulang dari sekolah pukul 9 lebih dikit. Ujian pulangnya cepet terus. Paling cepet waktu ujian hari pertama, jam 8.30 sudah pulang. Semoga hasilnya memuaskan ya, karena untuk mempertahankan peringkat lima besar yang kemarin, mungkin susah. 😰

Ummi ceritain dong ke kakak Faiz, iz, waktu ummi mau bikin agar-agar warna merah, kok yang keluar di panci, warnanya kuning seperti kunyit ya? terus begini trus laaah, kok ternyata warnanya orange. Coba, bagaimana ekspresi kakak Faiz? ummi diketawain, katanya enggak cari tahu dulu. Hiks, 😠

Kakak Faiz ternyata mau tuh, satu porsi jajanan agar agar dua warna yang ummi buat. Alhamdulillah, kakak makan sendiri dan habis dua porsi. Satu porsi sama dengan satu wadah tupperware kotak sedang. Kata kakak, yang warna orange rasanya tidak begitu enak, enggak biasa gitu. Karena ummi sedang puasa, ummi enggak bisa cicip.

Mendung, jadi pencahayaan kurang maksimal.

Hm. kalau ini satu porsi wadah yang paling kecil, dimakan juga sama kakak Faiz


Nah, selepas buka puasa, ummi cicip tuh jajanan anak-anak yang ummi buat sendiri. Tekstur agar-agar warna orange lebih lembut dibandingkan yang warna putih, merah atau hijau yang biasanya. Padahal air yang dipakai ukurannya sama dengan yang warna putih. 😢 Ummi lebih suka yang warna merah dan hijau.

Masih ada beberapa porsi agar-agar dua warna di dalam lemari es. Besok siang, ummi sajikan lagi untuk Faiz dan Fira. Oh iya, Fira juga makan beberapa suap, karena model anak ini sukanya icip icip doang. Nanti kalau sedang doyang dan lahap makan, Fira mampu menghabiskan satu porsi juga.

Resep Jajanan Anak-anak Agar-agar Dua warna
  1. Masak agar-agar putih sesuai dengan takaran. Tuang ke dalam wadah-wadah yang telah disediakan. Menuangnya sampai setengah wadah saja, setengah wadahnya untuk warna orange atau warna lainnya.
  2. Setelah agar-agar putih mengeras, masak lagi agar-agar orange, dan diamkan sebentar setelah matang. Setelah beberapa saat, baru tuang ke dalam wadah. 
  3. Diamkan beberapa lama di suhu ruang. Setelah dingin masukkan ke dalam lemari es untuk membuat lebih dingin lagi. Huaaaa, tadi siang, cuaca sangat dingin, jadi agar-agar ini cepat sekali mengeras.
  4. Untuk menyajikan kepada anak-anak, balik agar-agar supaya putihnya berada di atas. Atau jika ingin menyajikan warna putih di bawah juga oke.
Berkali-kali ummi membuat jajanan anak-anak, Faiz selalu bilang, dijual saja, mi. Nanti Faiz biar punya uang sendiri. Maksudnya Faiz yang mau ngejualin. 😛

Jadi, siapa yang mau icip agar-agar dua warna buatan umminya Faiz dan Fira? hayok mampir atuh.


40 comments:

  1. Replies
    1. Hihiii, udah ngarep dapat agar-agar flag, malah salah warna ;)

      Delete
    2. Salam agar-agar, aku ngarep dikasih :D

      Delete
  2. Jadi pengen buat agar2 juga. Pengen dicetak, tapi di sini sulit cari cetakan alumunium. Kalau dari plastik was2

    ReplyDelete
  3. Agar2 bagus buat pencernaan, :)

    ReplyDelete
  4. Biar salah warna, tapi hasilnya bagus, Mi. :D

    ReplyDelete
  5. biar salah warna...bisa gak diicipin ituuu agar2nya mii..mauuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. diicip dong, anak-anak suka. Manisnya bisa dikira kira juga kalau bikins endiri

      Delete
  6. bukan hanya anak-anak, saya juga masih suka sama yang beginian apalagi kalo gratis hehe

    ReplyDelete
  7. waaah, ummi rajinnya, hehehe..kalau saya bikin agar-agar langsung aja masak, hehehehe..ikutin instruksi di bungkus, enggka kreatif yaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya iya, lama-lama suka paduin warna putih sama yang lainnya, itu doaang kok. he

      Delete
    2. udah dimasak kasih ke saya ya hehe

      Delete
  8. Warnanya cakep, mb Astin. Jadi laper liat agar2. Hehe. Anak2 pasti suka ya dimasakin ama ibunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka Mbaaak, daripada jajan, duit emaknya utuh. eh sama aja ding

      Delete
  9. Aku juga baru tahu jika sekarang atau memang sudah lama, agar-agar bereneka warna ,setahuku ya putih.
    Hebat, masih sempat berkreasi atau memasak sendiri untuk sang buah hati. Biasanya mah ibu-ibu tinggal beli jadi. Beres dan tidak repot.
    Cara membuatnya sangatlah mudah, kalau aku pakai kipas angin biar cepat dingin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau jaman dulu, dirambang air biar cepat dingin, hihii. Warna agar-agar putih, merah, hijau sekarang udah banyak warna lainnya Pak,

      Delete
  10. Hahaa. Saya juga sering lupa lihat warnanya mba saat beli. Main comot masuk keranjang. Duh jadi ingat di kulkas ada sebungkus agar2 yg udah ngendon hampir sebulan. Bikin ah..

    Biar salah warna yang penting bang faiz suka ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, warna baru lagi, baru pertama dapat warna orange,

      Delete
  11. Saya suka beli yang langsung ada gulanya, Mbak.
    ahhahaa...
    Nyari yang praktis- praktis banget nih x_x

    Tapi asli lah, agar- agar/ puding selalu siap sedia. Soalnya selain enak emang sehat ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, kalau puding iya ada yang sekalian sama gula.

      Delete
  12. Agar2, makanan paing simple proses pembuatannya dan anak2 sukaa ya mbaa

    ReplyDelete
  13. Zaidan juga suka ngajak jualan, untungnya di sekolahnya ada program market day buat anak-anak jualan :) pengen juga atuh ih nyicipin agar-agarnya

    ReplyDelete
  14. Lucu jadinya..hihi..kapan2 coba ah ��

    ReplyDelete
  15. Lucu jadinya..hihi..kapan2 coba ah 😍

    ReplyDelete
  16. Waaah pengen, ini accident membawa berkah yaaa Umm :) ... besok aku coba bikin si agar-agar :)

    ReplyDelete
  17. Makanan yang satu ini, di rumah saya gak pernah awet, Mbak :) Begitu jadi, langsung diserbu dan tandas hihihi

    ReplyDelete
  18. aku paling suka deh bikin warna-warni gini

    salam
    gabrilla

    ReplyDelete
  19. Anak-anak memang suka agar-agar, demikian pula saya :)

    ReplyDelete
  20. agar-agar ini cemilan sehat yang gampang buatnya. Sukaaa!

    ReplyDelete
  21. Dulu sering banget di buatkan emak agar-agar

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^