Skip to main content

Posts

Showing posts from November, 2016

Hal Berikut Akan Membuat Balita Sulit Tidur

Hallo apa kabar anak-anak ummi? gimana kabarnya nich? tadi pagi Alhamdulillah Faiz dan Fira bangun pagi. Untuk membangunkan Faiz dan Fira memang tidak begitu sulit. Faiz diiming-imingi makan sereal kesukaannya, langsung bangun. Fira dikasih sebotol susu, juga bangun.
Tapi nich, yang membuat ummi kesel dan gemes adalah kalian itu, jam biologis untuk tidur, sangat malam. Bahkah sangat larut, kalau ummi enggak ngomel ngonel duluan. Ngomel yaa? yaaa, baisalah ya, ibu-ibu. "Hayo Faiz Fira, bobo. Udah malam, kamu mau bangun jam berapa? kasihan kan matanya, sudah merah" Itu sajah. Paling ekstrim adalah menyita gadget dan mematikan televisi.
Faiz sudah berusia 7 tahun sekarang. Fira? amsih balita tapi jam biologis untuk tidurnya tidak teratur. Angkat tangan dech ummi. Kadang, ummi dan abi duluan yang tertidur, baru terbangun saat suara televisi terdengar begitu keras, itu artinya malam sudah bergulir mendatangkan dini hari.

Faiz Menderita Sakit Magh di Usia Kanak-Kanak

Hallo anak-anak ummi? sehat-sehat ya semuanya. Makanlah apa yang ada, jangan menunggu makanan kesukaanmu hadir. Tidak selamanya ummi mampu menghadirkan dalam sekejap, apa yang kalian mau. Gak bisa sim salabim, ada ayam goreng ketika ummi sudah masak telur orek. 😏
Itulah Faiz dan Fira. Minta makan pakai sop, ummi masak sop, sudah siap buat disupain ke Faiz dan Fira. Mintanya lain lagi.  Ayam gorenglah, telur oreklah, malah kadang ada gerakan tutup mulut. Iya, anak-anak ummi susahnya diminta untuk makan. Semau mereka dan ummi gak mampu memaksa. 😑
Kadang, disupain tahu bandung goreng saja, makannya lahap bener. Malah nambah tiga sampai empat kali ambil nasi. Gak bisa ditebak anak-anak ummi, ini. Maunya gimana sich. Jadi, prinsip ummi tidak memaksa kalian, untuk makan ternyata menjadi hal buruk buat kalian. Kakak Faiz menderita sakit magh. 😣

[Mainan Anak] Manfaat Bermain Lego : Fira Belajar Memisahkan Warna

Hallo hallo apa kabar kalian? anak-anak ummi yang lucu dan imut...heheee. Apa kabar temen-temen Faiz dan Fira? jaga kesehatan ya sayang, cuaca sedang buruk. Hujan lebih sering turun. Meskipun bikin kalian girang bisa bermain air sepuas-puasnya, tapi inget ya, makan yang banyak biar gak sakit kalau sedang hujan-hujanan.
Hujan yang turun terus sepanjang hari, bikin enak di rumah. Fira enggak ngerengek minta main di luar rumah. Ummi juga anteng di rumah, gak pergi-pergi ke pasar atau sekedar ke minimarket beli bahan buat bikin kue. 😝
Ummi jadi lebih produktif, bolak balik dari ruang depan ke ruang belakang. Dari ruang depan, tempat Fira berantakin mainan sampai dapur, sampai kamar tidur buat becandain abi dan kalian. Ada saja yang ummi kerjakan dan tiba-tiba mata ummi dibuat kaget.

[Mainan Anak] Boneka Baby Alive Tahan Banting dan Awet

Hallo, apa kabar anak-anak semua? anak anak ummi gimana kabarnya? Alhamdulillah ya. Meskipun sudah dua hari, kakak Faiz sakit dan tidak berangkat ke sekolah, semoga besok sudah sembuh ya, Nak. Fira juga nich, dari tadi pagi rewel mulu ich, kenapa, Nak? Tuh, dede' bayi dari tadi ngelihatin Fira mulu.
Hehee, iya gitu dech. Sebagai orang tua, Ummi sering banget nyogok Fira pakai mainan. Waktu masih bayi, kalau sedang oweeeek, oweeeeek nangis mulu, gelisah dan gak tenang, ummi sodorin banyak mainan. Bonekalah, bunyi-bunyianlah, sampai ada piring plastik kecil saja, ummi sodorin biar Fira tenang.

Salah satu koleksi mainan anak perempuan yang Fira punya adalah boneka Baby Alive. Ummi bahagia sekali bisa membelikan Fira, mainan boneka yang tahan banting dan awet ini. Lain ceritanya dengan boneka-boneka lainnya. Rambut boneka copotlah, tangannya gak bisa disambung lagilah, atau bagian dalam tubuh boneka, keluar semua. Hiks, ketika boneka lain tinggal kenangan. Boneka Baby Alive Fira, mas…

Saat Anak Mengalami Sembelit Berkepanjangan

Memiliki anak yang mengalami gangguan pencernaan, tentu membuat khawatir ya, moms. Apalagi gangguan pencernaan tersebut adalah, sembelit. Sembelit yang dialami Fira adalah sembelit yang berkepanjangan. Maksudnya adalah sembelit yang terus-terusan berulang. Ya ada jedanya sich, meskipun hanya sekali dua kali, buang air besarnya tidak mengalami kesakitan.
Aku sich enggak menghitung atau menandai, yaah  sudah hampir setahun, Fira mengalami sembelit. Awalnya, Fira menangis kesakitan, mengejan, keringat bercucuran. Duh, kalau sudah menangis begini, tangan Fira memegang kuat pahaku dan aku gak boleh kemana-mana.
Jangka waktu kesakitannya bervariasi. Bisa dua hari dengan jeda tidur, bermain dan kalau kerasa ingin buang air besar lagi, menangis lagi. Bisa seharian, tiga hingga empat jam. Bisa cuma beberapa jam menangis, buang air besar selesai.
Ada yang bertanya. Makannya gimana? kujawab, makannya mau meskipun tidak banyak.
Balik bertanya. Makannya pakai apa? kadang pakai lauk saja, kadang …