Monday 2 May 2016

Manfaat Bermain Rubik Cube untuk Anak-Anak

Hallo, apa kabar? selalu bahagia dan memiliki semangat yang luar biasa ya moms. Beberapa tahun yang lalu saya pernah membeli Rubik cube, tepatnya saat saya masih single dan memiliki banyak waktu luang. Jadi, mau muter-muterin Rubik cube itu berapa lama, it's okey. But now, setelah saya menjadi seorang ibu, i don't have time anymore, to play rubik cube.

Sekarang saya menjadi penonton saja, ketika Faiz dan abinya, sedang bermain rubik cube. Rubik cute tersebut dibeli di toko mainan, saat saya melihat Faiz, kebingungan memilih mainan yang akan dibelinya.

So, rubic cube be an alternative game untuk Faiz. Abinya juga sangat senang ketika melihat, Faiz membawa rubik cube. Tentunya dengan banyak manfaat yang didapat dari bermain rubik cube tersebut.

Permainan yang menguji akal dan logika, tentunya memberikan manfaat lebih untuk anak-anak. Rubik cube dikembangkan oleh Erno Rubik, seorang pematung dan profesor arsitektur dari Hongaria. 



Rubik cube ini ada banyak sekali macamnya, mulai yang standar cube (3x 3 x 3), poket cube (2 x 2 x 2), Miror cube dan namanya aneh-aneh, sampai saya melongo, saat menemukan di sebuah artikel. Untuk yang dua macam ini, Faiz juga belum begitu mahir.



Melihat Faiz antusias dan ingin belajar cara bermain rubik cube, abinya banyak belajar dari youtube. Mulai dari mencari tutorial yang paling sederhana, memainkannya dengan menggunakan waktu, sampai berkali-kali mencoba menyamakan warna, untuk 6 sisinya.

Faiz sudah dapat menyelesaikan tiga sisi rubik cube. Lumayanlah untuk anak seusianya. Tapi, semenjak rubik cube rusak, semuanya lepas karena dibanting oleh adiknya, yang masih unyu-unyu itu. Semuanya berhenti bermain rubik cube. Partnya lumayan kecil, dan saya pernah melihat satu part yang kecil, berada di dalam mulut Fira.

Permainan rubik cube ini, sangat mengasyikan looh, hayo siapa yang sudah jago? nanti ajarin Faiz ya, biar jadi master rubik cube. Selain mengasyikan, bermain rubik cube juga banyak manfaatnya untuk anak-anak.

  1. Mengasah kesabaran. Rubik akan membuat anak-anak menjadi lebih sabar. Bagaimana tidak? bermain rubik ini, harus tekun, salah sedikit harus mengulang kembali, sudah satu sisi, masih ada lima sisi yang harus diselesaikan.
  2. Meningkatkan konsentrasi. Bermain rubik harus konsentrasi saat memutar sisi per sisi. Jika konsentrasi buyar, permainan rubik akan memakan waktu yang lama.
  3. Melatih kecerdasan emosionalnya.
  4. Koordinasi otak dan tangan
  5. Melatih otak kanan.
  6. Memelihara memori jangka pendek.
  7. Menjaga sel-sel tetap hidup. Selain rubik cube, mengisi TTS atau permainan teka teki juga memiliki manfaat yang sama.
Bagaimana moms? permainan yang murah meriah ini, permainan yang jika dipandang sepele namun sangat membutuhkan konsentrasi dan kesabaran ini, memiliki manfaat yang sangat baik, untuk anak-anak.  



Rubik cube Faiz harganya 45.000 rupiah. Dibandingkan mainan Faiz yang lain, mainan ini bisa dimainkan oleh saya dan abinya. Jadi, masih ingin membelikan lagi yang memiliki kekuatan yang tahan lama dan tidak terurai ketika dibanting oleh Fira.

7 comments:

  1. toss dong suka main rubik juga ya, aku ma posting belum aja nih

    ReplyDelete
  2. oh, ini namanya rubik cabe ya, baru tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. cube, yes this is...anakku suka banget mainin

      Delete
  3. Saya dulu juga punya permainan rubik ini, mbak Astin. Anak saya juga saya belikan. Memang mengasyikkan ya rubik ini meskipun suka galau karena hanya tinggal beberapa warna tapi susah klopnya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini rahasia yaaak, dulu aku maininnya kutandai, jadi mudah buat mengembalikan lagi...hehee, kalau rahasianya anakku, dibongkaaar

      Delete
  4. Ada masa di mana anak-anakku suka main rubik cube.. Namun setelah bosan cati mainan lain :)

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^