Thursday 4 February 2016

Pada Usia Berapa Bayi Boleh Makan?

Pada usia berapa bayi boleh makan?. Tiap ibu memiliki jawaban yang berbeda-beda atas pertanyaan tersebut. Jawaban yang berbeda tersebut berasal dari pemikiran, pengetahuan, ilmu dan sudut pandang yang dimilikinya.

Berdasarkan pedoman WHO, bayi mulai dipernalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI) mulai usia 6 bulan. Pada usia 6 bulan, pemcernaan bayi mulai siap untuk menerima makanan selain ASI. 

Faiz ketika pertama kali makan


Kapan Faiz dan Fira diberikan Makanan Pertama Kalinya?


Alhamdulillah, saya dan suami diberikan orangtua yang tidak menyuruh-nyuruh untuk memberikan makanan pada bayi pada bulan pertama. Karena menurut penuturan ART saya, anaknya diberikan pisang dan nasi pada usia pertama kelahirannya. Alasanya kasihan bayinya laper. Ternyata tidak orangtua ART saja yang menuturkan hal seperti itu.

Ibu dari teman saya juga mengatakan "Kalau cucu saya ditinggal di desa, pasti saya kasih nasi dan pisang". Teman saya ini seorang perawat, oleh karena itu, daripada bersitegang dengan anaknya, ibunya tidak memberikan pisang dan nasi kepada cucunya. Tapi sewaktu teman saya bayi, ibunya memberikan kedua makanan tersebut.

Faiz saya berikan makanan pertamanya pada usia empat bulan. Saya yang bertanya kepada ibu waktu itu. Kakak saya juga menyarankan, sebetulnya tidak masalah, memberikan makanan pada bayi ketika usianya sudah empat bulan. Asalkan, teksturnya halus dan bayi siap untuk menerimanya.

Fira pertama kali makan


Demikian juga dengan Fira, saya memberikan makanan pendamping ASI-nya pada usia empat bulan. Mungkin agak berbeda dengan kakaknya ketika pertama mengecap makanan pertamanya. Fira sempat menolak dan adaptasinya sangat lama.

Faiz langsung melakukan gerakan mengunyah, sedangkan Fira membuang-buang makanan tersebut pada awalnya, namun lama kelamaan mau. 


Tanda-tanda bayi sudah siap untuk menerima makanan


Saya sering menjumpai bayi mengecap-ngecap mulutnya ketika melihat ada orang yang sedang makan. Matanya fokus ke makanan tersebut, mulutnya bergerak seperti orang yang sedang makan. Melihatnya kasihan? iya, kasihan sekali, mungkin karena kasihan melihat bayi seperti itu, para orang tua memberikan makanan pada bayi pada usia di bawah enam bulan.

Faiz dan Fira juga sama, ketika ada orang di dekatnya yang sedang menyantap makanan, gerakan mata dan mulutnya seperti yang saya sebutkan di atas. Kasihan memang melihatnya, namun saya tahan sampai usia mereka empat bulan. 

Berikut beberapa tanda-tanda bayi siap untuk menerima makanan:
  1. Bayi sudah mampu menyangga lehernya dengan baik. Sebaiknya memberi makan kepada bayi, sembari agak duduk. Sewaktu memberi makan Faiz pertama kalinya, adalah posisi yang salah. Saya menidurkan Faiz di tempat tidur. 
  2. Bayi terlihat lapar. Bayi terlihat lapar akan meminta minum ASI tidak seperti biasanya. 
  3. Bayi memperlihatkan rasa penasaran ketika ada orang di dekatnya yang sedang makan.
  4. Bayi memperlihatkan gerakan mengunyah.
  5. Bayi tidak mendorong lidahnya ketika dimasukkan sendok ke dalam mulutnya.

Nah, semuanya tergantung pilihan para orang tua dari si bayi kan? pada usia berapa bayi boleh makan. Sekali lagi, saya menggarisbawahi, ketika memberikan makanan pertama kepada bayi, sebaiknya dimulai dengan tekstur yang paling halus atau lembut. Pelan-pelan naikkan tingkat kekasarannya, jadi bayi akan mudah menerima dan mencerna makanannya. [2016:02]

4 comments:

  1. saya dua2nya 6 bln mulai makan:)

    ReplyDelete
  2. Makasih infonya, saya butuh ini untuk persiapan anak ke-2 kelak ^^

    Berkunjung ke blog saya ya http://bit.ly/ayomaubertanya dan tinggalkan jejak/komen di sana agar suatu saat sy dapat berkunjung kembali dan membaca tulisannya

    ReplyDelete
  3. Anak saya sampai 6 bulan dulu baru makan. ASI sampai 2 tahun

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^