Wednesday 6 January 2016

Kapan Anak Bisa Berjalan?

Haloooo, tahun 2016 semangatnya harus luar biasa ya, lebih baik dari tahun kemarin dan kemarinnya lagi. Tahun baru 2016 dibuka dengan perjalanan ke Ancol bersama Faiz dan Fira. Faiz dan Fira adalah anak-anak mi dan bi yang satu sama lainnya berbeda. Ya iyalah, kalian bukan anak kembar, tapi ya tidak bisa dibeda-bedain kan, meskipun mi masih melakukan sebuah prioritas. Prioritas karena Fira masih kecil.

Salah satu perbedaan Faiz dan Fira ketika bayi adalah proses belajar berjalan. Faiz dan Fira bisa berjalan pada usia yang berbeda juga dan dengan stimulasi yang berbeda juga. Mi saja tidak tahu mengapa bisa begitu, tapi yang jelas keduanya pasti memiliki kelebihan yang luar biasa.


Kapan anak bisa berjalan

Stimulasi Belajar Berjalan


Tahun baru kemarin, Faiz dan Fira bermain di Pantai Ancol. Ya...namanya anak-anak, meskipun mi melarang Faiz turun ke air, karena airnya tidak sebening di Cilacap, heheee. Tetap saja, Faiz turun ke air setelah berganti celana pendek, yang mi telah persiapkan dari rumah.

Fira, awalnya asyik duduk di stroller dan masih beradaptasi dengan hawa pantai. Mi masih ingat, ketika lebaran kemarin, Fira takut sekali menatap air laut di Pantai Cilacap. Mi biarkan saja, meskipun ada adek kecil yang aktif sekali berlarian dan mendekati Fira.

Nenek di adek kecil tersebut menjawab pertanyaan mi, tentang usia si adek kecil tersebut. Usianya baru sembilan bulan, tapi sudah lari-larian. Adek kecil perempuan tersebut, katanya sudah berjalan di usianya yang ke tujuh tahun. Waaaah...mi sampai bengong melihat keaktifan adek tersebut.

Namun neneknya mengatakan bahwa adek belum tumbuh gigi sama sekali di usianya yang ke sembilan bulan. Heeem...mi jadi ingat kata-kata orang tua nich, kalau anaknya jalan duluan biasanya tumbuh giginya belakangan, atau kalau sudah pinter ngoceh ceh, biasanya ada yang lambat pertumbuhannya. Terlepas benar atau tidak anggapan seperti itu, kita sebagai orangtua harus senantiasa memberikan stimulasi kepada anak-anak kan ya, agar pertumbuhannya sesuai dengan parameter pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Duh, bahasa ummi jangan diketawain ya.

Alat untuk Belajar Berjalan


Mi memberikan stimulasi untuk belajar berjalan kepada Faiz, dengan memberikan sebuah alat. Nama alat tersebut adalah, baby walker, kursi plastik dan container plastik yang memiliki roda di bawahnya. Ketiga alat tersebut di dorong-dorong di dalam rumah. Jika sedang di luar rumah, Faiz menggunakan sepeda roda empat yang terbuat dari plastik dan sapu.

Sama seperti Fira, ummi juga memberikan kursi plastik, container plastik beroda serta sapu. Alat lainnya yang diberikan kepada Faiz, baby stroller dan sepeda roda empat, tidak. Alasannya, mi tidak menggunakan baby walker, karena faktor keamanan saja. Sepeda roda empat belum atau mungkin tidak akan diberikan untuk Fira. 

kapan anak bisa berjalan


Satu lagi stimulasi dari mi untuk Faiz, dititah. Ini adalah cara konvensional tapi masih sering dipergunakan. Di titah jaman sekarang ada yang menggunakan alat seperti tali yang menghubungkan dengan badan si anak. Menurut mi, kok kasihan ya, lebih baik menggunakan tangan ibunya, meskipun memang jadi pegel punggung ibunya.

Proses menitah Faiz memakan waktu kurang lebih empat bulan, hingga pada akhirnya bisa berjalan sendiri di usia 14 bulan. Sedangkan Fira menitah hanya beberapa hari saja, kemudian dia berusaha sendiri untuk merambat dan mendorong-dorong benda yang bisa didorong, kemudian bisa berjalan sendiri di usianya yang ke 12 bulan.

Kapan Anak Bisa Berjalan?


Semua berbeda-beda pada masing-masing anak, seperti Faiz dan Fira. Cara untuk belajar berjalanpun berbeda-beda, ada yang mau dititah ada yang lebih suka belajar sendiri dan mencoba melakukan upaya agar dapat berjalan.

Saat ini Faiz sudah besar, usianya sudah memasuki usia anak-anak dan Fira sedang aktif-aktifnya berlarian ke sana kemari dan jika pintu depan terbuka, sudah mejeng cantik di halaman tetangga depan atau tetangga samping. Tentu saja hal ini, membahayakan, karena meskipun tinggal di cluster, sepeda dan sepeda motor anak-anak di sini, kadang ada yang kencang jalannya. Saatnya mengawasi Fira dan tidak ada lagi pintu depan yang tidak terkunci atau tertutup rapat. [2016:01]

22 comments:

  1. saya kayanya cuma zaidan yg pake baby walker. waktu raissa gapake baby walker dipegangin aja kalo mau belajar jalan, soalnya baby walkernya udah dihibahkan k teman :D

    ReplyDelete
  2. Dulu Asma langsung jalan pas belum satu tahun, gak pake merangkak. Tapi karena takut jatuh, akhirnya banyak yang nitah deh. Dia jadi lama nitahnya :D

    ReplyDelete
  3. Betul mba setiap anak beda perkembangan nya. Anakku jalan dulu baru tumbuh gigi. Tapi yang satunya tumbuh gigi dulu baru jalan.

    ReplyDelete
  4. wah ada foto Faiz masih kecil, lucu banget. Tiap anak itu unik , kapan wakunya masing2 juga beda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak lidya, itu Faiz sedang belajar berjalan, pake sapu

      Delete
  5. Anak saya alhamdulilah umur 8 bulan udh bisa jalan umur setahun udh bisa lari.emang betul perkbangan anak beda2 tapi bisa kok di stimulasi sejak bayi saya ngak ngasih baby walker tapi mainan dorong dr umur 5 bulan. Saya td nya ngak percaya tp stimulasi bhkan dr bayi ternyata ngaruh banget mak.

    ReplyDelete
  6. Anak saya alhamdulilah umur 8 bulan udh bisa jalan umur setahun udh bisa lari.emang betul perkbangan anak beda2 tapi bisa kok di stimulasi sejak bayi saya ngak ngasih baby walker tapi mainan dorong dr umur 5 bulan. Saya td nya ngak percaya tp stimulasi bhkan dr bayi ternyata ngaruh banget mak.

    ReplyDelete
  7. tiap anak beda perkembangannya. si aa jalan umur 15 bln, kk 14 bln, n dd hmm lupa haha.
    awasss itu fira mau kaburrr

    ReplyDelete
  8. setuju Mbak, tiap anak punya cara dan waktunya masing2. Faraz sekarang 13bulan lbh Mbak, blm bisa jalan juga. Masih malas berdiri, dititah jg ogah2an. Tp sekarang lg senang belajar merambat sendiri, pegangan di meja, lemari bahkan tembok,lucuu lihatnya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin maunya belajar sendiri Faraznya, semangat ya

      Delete
  9. dulu anak saya belajar jalan pake push walker .. Agak terlambat jalan dan sempat denger omongan ga enak. Sekarang udah bisa lari-lari, memang setiap anak perkembangannya ga bisa disamain kan ya. Selalu seneng liat anak yang belajar jalan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaah, kalau omongan, Faiz juga pernah diomong gak enak, tapi ya didengarkan saja, biar waktu yang menjawab...

      Delete
  10. eyaaa ampuuun jadi inget anak anakku waktu belajar jalan, lutuuuu

    ReplyDelete
  11. Wooowww ini to debay yang waktu itu ikut fashion show....

    ReplyDelete
  12. Dulu bintang dapat berjalan tanpa proses merangkak. Setelah itu kami sering berjalan di rumput... lucuuuu

    ReplyDelete
  13. Kalau anak udah mulai merangkak-merangkak, itu tanyanya dia mau jalan hehe, tadi abis baca artikel dari situs merries.co.id, ada tipsnya supaya anak jalan lebih cepat.

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^