Sunday, 24 May 2015

Cara Mengatasi Rasa Mual Pada Kehamilan

Rasanya hamil itu bagaimana sich? apakah hamil pasti ada mualnya? pasti ngidam dan apakah tiap kehamilan itu berbeda-beda? hamil itu makan untuk dua orang ya? enggak boleh ini dan enggak boleh itu? tidurnya nanti bagaimana kalau perutnya sudah besar? beratnya seperti apa sich menjalani masa-masa kehamilan itu?
Apa kabar kalian yang sedang menjalani masa-masa kehamilan? sehat-sehat selalu ya, sehat ibunya dan sehat dedek bayinya dan juga sehat untuk keluarga semua, yang sedang menantikan masa kehamilan, sabar ya..semua pasti ada waktunya.
Nah, pengantar di paragraph pertama tadi, merupakan sebagian dari banyak sekali masalah yang diutarakan oleh wanita yang belum pernah hamil, termasuk saya yang pada waktu itu sama sekali awam dan jarang sekali bertanya-tanya kepada wanita yang sedang hamil.  Pernah memiliki pengalaman bersama teman satu team, ya ampun terlihat berat sekali, beliau mengatasi rasa mualnya.
Jadi, di sini saya ingin menceritakan bagaimana mengatasi rasa mual di kedua kehamilanku. Memang tidak dapat dipungkiri, pada masa kehamilan rasa yang terberat dijalani adalah mual. Pada tiap orang tentu kadarnya berbeda-beda,pun pada bulan-bulan tertentu juga akan berbeda-beda juga pada satu orang.
Kehamilan Pertama, Hamil Kebo tapi Manja pada Bau Ikan
Masa kehamilan trimester pertama, atau bahkan pada bulan-bulan pertama,rasa mual memang dating pada pagi hari. Namun rasa mualnya tidak begitu kuat, malah akan hilang jika saya sedang memasak. Jadi,setiap pagi hari sebelum berangkat bekerja, saya memasak terlebih dahulu.
Aroma bawang merah dan bawang putih yang kata orang menjadi pencetus mual,malah menjadi rasa penyemangat bagi saya. Kebanyakan teman merasa heran dengan kehamilan saya yang dikata hamil kebo.
Iya, saya makan apa saja, terutama buah-buahan dan biscuit. Sayuran karena terbiasa masak sendiri, tidak ada yang dipantang. Namun untuk lauk, ada satu yang unik, saya suka ikan tapi tidak suka baunya,apalagi minyak bekas menggoreng ikan. Aduh, bakalan langsung kepingin menyantap buah satu supermarket.
Beneran tidak pernah merasakan mual? beneran tidak, kan saya sudah sampaikan rasa mual dihadapi oleh sebagian wanita hamil. Saya juga merasakan mual, tapi tidak begitu sampai harus ke kamar mandi dan muntah.
Ini cara saya mengatasi rasa mual di kehamilan pertamaku,
  1. Membuka mata pada pagi hari,diawali dengan memakan biscuit terlebih dahulu lalu minum air putih sekuatnya.
  2. Setelah bangun dan beraktivitas kecil,minum segelas susu, dulu saya suka minum susu coklat. Tidak dengan air panas, namun dengan air hangat.
  3. Makan dengan porsi kecil pada pagi hari dan makan biscuit sesampainya di kantor.
  4. Sering-sering makan buah diselingi makan biscuit sebelum makan siang.
  5. makan siang, diawali dengan minum jus buah
  6. Sore hari juga makan camilan yang disukai.
  7. Malam hari setelah makan malam,kira-kira akan berangkat tidur,minum susu dengan air dingin, uuugh rasanya segar sekali.
Kehamilan pertamaku,kecil ya..namun lahirnya debay 3,2 kg
Oiya, hal yang unik pada masa kehamilan pertama;
  1. Menggoreng pisang satu 'epek' untuk sendiri
  2. Makan mie rebus habis satu mangkok,padahal sebelum hamil,jarang suka makan mie, jika makanpun tidak habis satu mangkuk.
  3. Bau minyak bekas goreng ikan, langsung mual.
Alhamdulillah bayi laki-laki lahir melalui tindakan operasi, menambah kebahagiaan kami dan diberi nama Faiz Ghaisan Muttaqi, yang berarti anak laki-laki tampan sebagai pemenang dan bertaqwa kepada Allah, aamiin.
Mual Parah tapi Tidak Muntah di Kehamilan kedua
Berhasil dengan KB kalender dan memutuskan untuk hamil lagi setelah Faiz berusia lima tahun. Rasanya dari segi apapun,inilah kehamilan yang paling bisa dibilang siap. Namun lagi-lagi, semuanya memang berbeda...karena masing-masing wanita hamil memiliki masa kehamilan yang berbeda.
Mual hingga Pusing tidak begitu sering terasa,namun ada beberapa kali dalam seminggu, heheee. Hal-hal yang di atas sudah saya lakukan, membawa biscuit ke kamar dan menyiapkan air putih di samping tempat tidur serta tidak langsung melakukan aktivitas,sudah terlaksana.
Memasak pun, rasanya membuatku semakin hendak pingsan...panas dan lemas sehingga rasa mual kerap muncul. jika sudah muncul rasa mual, yang bisa kulakukan hanya berbaring dan berharap lekas pulih,karena saya tidak boleh tidak masuk ke kantor.
Inikah penyebab rasa mual muncul pada kehamilan ke dua saya? rasanya mungkin iya. Secara fisik, saya kuat, namun ternyata secara psikologi saya kalah, saya didikte untuk jangan tidak masuk ke kantor, jika itu tidak terlalu parah.
Lalu, bagaimana cara saya melawan hal tersebut?
  1. Menanamkan dalan pikiran saya, bahwa saya sehat,saya tidak mual dan saya pasti datang ke kantor.
  2. Membawa bekal segambreng terus kulakukan.
  3. Merilekskan diri terlebih dahulu sebelum berangkat ke kantor.
  4. Bersantai menghadapi hal-hal yang mudah merusak mood
Alhamdulillah, saya bersama teman-teman maya yang sungguh luar biasa memberikan semangat kepada ibu hamil ini. Mereka terus memberikan support dan nasehat serta kata-kata yang menyejukkan sehingga saya cukup terhibur di kala pekerjaan dan masalah di kantor merusak mood saya.
Kehamilan keduaku, Alhamdulillah sering jalan-jalan,ini ke Google Indoensia
Wanita hamil itu harus bahagia, harus senantiasa tersenyum dan mendapatkan hal-hal terbaik diantara yang baik. Kadang memang ada banyak hal yang merusak pikiran wanita hamil, sebaiknya memang jauhi sumber-sumber tersebut agar tidak menambah pikiran wanita hamil menjadi terkontaminasi hal-hal tersebut.
Bayi perempuan lahir dari rahimku, menambah kebahagiaan kami dari Allah yang menghadirkan putera dan puteri dalam kehidupan ini. Alhamdulillah bayi tersebut cantik dan kami beri nama Azalia Asty Zhafira dengan arti kurang lebih, anak perempuan cantik seperti bunga Azalia yang sabar. Sedangkan Asty merupakan gabungan dua nama saya dan suami.
Bagi kalian yang sedang menjalani masa kehamilan atau akan hamil, sedikit kata dari saya;
  1. Jika Allah memberi kesempatan pasti ada kemudahan mengiringi.
  2. Selalu tanamkan kebahagiaan dalam diri dan pikiran serta jauhi hal-hal atau sumber yang mendatangkan pikiran buruk
  3. Lebih baik konsultasikan kepada tim medis untukhal-hal yang berhubungan dengan kehamilan
  4. masa kehamilan memang berat,jalani dengan ikhlas karena ada banyak wanita yang menginginkan menjalani masa kehamilan

@astinas

Saturday, 16 May 2015

Biskuit Milna Camilan Nikmat untuk Bayi

Bayi setelah berusia enam bulan, selain mendapatkan ASI,para orangtua telah bersiap-siap untuk memberikan MPASI atau Makanan Pendamping Air Susu Ibu. Masing-masing orangtua memiliki pengertian dan keinginan yang berbeda-beda bagi bayinya. Ada yang mengikuti paham A, paham B atau paham sendiri mengenai MPASI.
Di sini,mi ingin menyebutkan jenis-jenis MPASI yang rata-rata disiapkan dan disajikan oleh para orang tua. Ada MPASI, bubur saring (karbo dari nasi,ubi, kentang, tepung. Protein dari daging,ikan, daging, vitamin dan mineral dari sayur-sayuran), pure buah, pure sayur dan lain-lain.
Dalam menyiapkan MPASI pun berbeda-beda, ada yang menyakini bahwa memasak atau menyiapkan sendiri lebih sehat dan praktis, ada yang membeli karena menyakini bahwa lebih baik membeli bubur saring daripada memasak,karena hemat atau bahkan ada yang lebih menyukai instant, beli di supermarket atau warung kecil juga ada, selesai.
Selain mendapatkan MPASI,kadang bayi masih membutuhkan selaian MPASI dan ASI,apalagi pada usia di waktu gigi bayi akan tumbuh.Tentunya,para orangtua harus lebih kristis,kreatif dan mencari camilan apa yang disukai bayi. Ingat, disukai bayi bukan karena orangtua menginginkan bayinya mengkonsumsi produk tertentu ya.
Bayi Fira Enam Bulan
Kali ini, mi ingin menceritakan pengalaman pribadi mi bersama bayi Fira. Bayi Fira termasuk bayi yang aktif bergerak dan memiliki respon yang cepat terhadap hal-hal yang menurutkan menarik. Acara makan besar dan menyemil merupakan sebuah moment yang paling disukai bayi Fira. Why? karena ketika mi atau bi memegang piring dan makanan,bayi Fira akan bereaksi untuk maju dan meraih piring ataupun makanan tersebut.
So, bayi Fira sudah memiliki keingintahuan akan rasa dan indera pengecapnya mengingkan hal lain selain air susu ataupun bubur saring yang mi masak untuk bayi Fira. Oleh karena itu, mi membeli camilan milna biscuit yang sejak dahulu memang direkomendasikan bagi para orangtua yang memiliki bayi.
Camilan Milna Biskuit
Rasa milna biscuit yang pertama dirasa oleh Fira adalah kacang hijau, mengapa?karena menurut mi kacang hijau bagus untuk pertumbuhan rambut dan memiliki kandungan vitamin B komplek. Milna biscuit merupakan produk Kalbe Nutrisionals, sebuah perusahaan dalam negeri yang sangat familiar di telingga mi.
Awalnya bayi Fira kurang suka dan susah sekali memegang milna biscuit, ketika memasukkan ke dalam mulut, ekspresinya juga terlihat aneh. Mi takut bayi Fira kurang suka, namun lama-lama,bayi Fira ternyata menikmati,lho.

Karena satu buah milna biscuit sangat besar, mi membelah menjadi dua dan menyimpan satu bagiannya di dalam kemasannya,lalu mi masukkan ke dalam toples. Mengapa? untuk menjaga nutrisinya tetap bagus dan tidak terkena udara, untuk bayi Fira mi harus memberikan asupan dan kebersihan makanan yang dimakan bayi Fira.
Bayi Fira memasuki usia delapan bulan
Sudah hebat, sudah fasih, sudah pinter dan sudah sangat paham bagaimana memegang milna biscuit, bagaimana harus mendapatkan remah-remah milna biscuit dan bagaimana ketika milna biskuitnya telah habis...mamam...mamama..maaaa...maaaa, hehee, lucu sekali.


Lihat ekspresi bayi Fira mendapatkan camilan dari mi dan menghabiskan apa yang memang disukai olehnya. Milna biscuit memang jurus andalan mi ketika mi dan bi sedang menyantap makanan, mi beri milna biscuit, bayi Fira pun santai dan tenang menghabiskan camilan milna biskuitnya.
Tentu, saat ini hampir semua varian rasa milna biscuit, telah dirasakan oleh bayi Fira. Mulai dari kacang hijau, jeruk, apel,pisang, original dan beras merah telah menjadi menu dalam jadwal camilannya selain bayi Fira mendapatkan MPASI.
Jadi, Perlukan bayi mendapatkan camilan biscuit?
Buat mi, sangat perlu bayi mendapatkan camilan biscuit, selain untuk memenuhi keinginan bayi untuk menyantap makanan selain MPASI,ada beberapa hal yang menurut mi sangat penting bayi memegang makanan sendiri atau menyemil biscuit.
  1. Bayi akan mengenal rasa-rasa selain rasa MPASI
  2. Bayi akan mencoba memecahkan milna biscuit dengan tekstur yang lebut dan menggerak-gerakan lidah serta menyiapkan organ pencernaannya.
  3. Bayi akan belajar memegang biscuit, jika milna biskuitnya tinggal sedikit, bayi akan mencoba untuk berpikir bagaimana tangan mungilnya mampu memegangnya.
  4. Bayi akan berlatih mengkoordinasikan antara gerakan tangan dan membuka mulutnya, jika tangannya ke atas atau mendekati mulut, bayi akan membuka mulutnya dan menggigit milna biscuit.
  5. Bayi akan jarang rewel,karena perutnya tidak pernah kekosongan dalam jangka waktu lama.
Milna mendukung bayi hebat dengan kompetisi Bayi Hebat Milna 2015
Bayi Fira dan bayi-bayi lainnya sudah hebat dengan belajar makan camilan sendiri? camilannya milna biscuit? rasa apa saja terserah bayi yang suka. Kini saatnya mengikuti sebuah program dari milna, yaitu kompetisi bayi hebat milna 2015.
Apa itu Kompetisi Bayi Hebat Milna 2015?
Milna mengerti bahwa orangtua sangat senang mengikuti perkembangan bayinya, mulai dari bayi bisa tersenyum, bayi mulai merangkak hingga bayi mulai melangkahkan kakinya dan mengucapkan satu kata perkata.
Nah, ruang kebahagian bagi para orangtua ketika melihat perkembangan bayinya, salah satu caranya adalah dengan merekam dalam bentuk foto. Media foto saat ini sangat mudah untuk dilakukan, bisa dengan kamera handphone,smartphone atau kamera canggih mampu merekam moment hebat bayi milna.


Dari hal tersebut, milna memberikan kesempatan untuk para orangtua yang ingin mengirimkan foto moment  hebat sikecil. Bagaimana caranya?
  1. Mengirimkan fotomoment hebat sikecil yang dapat dilihat pada website ini.
  2. Mendatangani In Store Booth yang terdapat di beberapa supermarket.
Bayi Fira juga ikutan looh, foto di booth Milna, semoga bayi Fira menang ya,karena bayi Fira telah lulus acara camilan milna biscuit yang super heboh makannya.Nah, untuk para moms yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai salah satu produk dari Kalbe Nutrisionals tersebut, silahkan mencari di websitenya.


@astinas

Tuesday, 12 May 2015

Tipe Orang Tua Fleksibel

Iyes, sekarang mi sudah menjadi orangtua dengan dua orang anak bersama abi yang semakin lama semakin ganteng. Uhuk. Menjadi orangtua tidak ada pelajarannya ketika mengenyam pendidikan formal baik di SMA maupun di universitas.

Itulah status dari sebuah kehidupan, mi beranjak dari seorang gadis kecil, remaja, dewasa hingga akhirnya menikah dan berstatus menjadi seorang istri dan ibu dari dua anak laki-laki dan perempuan. Alhamdulillah mi melewatinya dengan suka dan cita, meskipun kadang ada aral dan riak, lagi-lagi itulah kehidupan.

Lalu, bagaimana mi bisa menjadi orangtua? belajar darimana? dari kehidupan ini tentunya. Belajar dari orangtua mi, dari sekeliling mi meskipun dikombinasikan dengan kondisi mi dan kondisi keluarga kecil mi. Karena jika, belajarnya dimakan telak, akan terasa kurang pas, karena setiap keluarga memiliki hal-hal yang berbeda.

Dari keluarga A, mi mengambil yang ini dari keluarga B mi mengambil yang ini tidak seratus persen. Itulah belajarnya mi menjadi orangtua. Lalu, orangtua seperti apakah mi, ini?

Orangtua yang fleksibel

Iya, mi belajar menjadi orangtua yang fleksibel yang tidak kaku dan tidak kolot namun tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ada beberapa hal yang menarik untuk mi ceritakan di sini, untuk cerita dan bacaan siapa saja tanpa membutuhkan pembenaran dan juga sebaliknya ya.

Urusan Makan.

Di rumah kontrakan ini, mi bersama abi, dua orang anak dan dua orang pengasuh (kebetulan pas menceritakan pas lagi ada dua, baru kali ini, yes). Jika untuk urusan makan, mi saklek dan berpegang teguh bahwa, makan harus memasak untuk pengurangi pengeluaran dan juga menjaga kebersihan, nanti mi dan keluarga akan seperti ini;
  1. Jika gas habis dan baru ketahuan jam pagi hari, jamnya memasak makanan. Kami akan kelaparan karena biasanya gas buka pukul 06.30, itu artinya sarapan akan mundur dan masuk kerja juga telat. Bisa juga sich menunggu gas datang sembari meracik masakan, tapi udah kadung kagok jew. Solusinya : Sesekali beli nasi uduk, atau beli sayuran dan lauk matang it's okey kan?
  2. Bayi Fira beberapa bulan ini sudah memiliki acara makan. Biasanya memang makan nasi saring atau bubur nasi hasil buatan mi di dapur. Nah, ketika suatu hari, bayi Fira harus ikut traveling sehari dua hari bersama mi dan abi. Ajib banget traveling...hahaa. Bisa bingung kan masaknya di mana. Solusinya : bolehlah beli bubur instant yang bayi Fira sukai. Jika tidak? bayi Fira akan kelaparn dong yes.
Urusan Belanja Bahan Makanan

Tadi cerita dulu tentang memasak dan membeli makanan matang. Sekarang untuk urusan belanja niich, iiich malas ach di pasar tradisonal becek, gak ada ojek. Akan menjadi orangtua macam apa mi ini? hehee. Mi bisa belanja di pasar tradisional, pasar kaget, pasar modern.

Urusan Belanja Baju

Nah, mungkin setiap orangtua juga akan sama seperti pemikiran mi ini. Urusan belanja baju, fleksibel di mana saja tergantung keperluan dan kondisi. Alhamdulillah mi pernah merasakan belanja baju di pasar tradisional, pasar kaget, toko baju pingir jalan, toko baju di Mall, departement store bahkah toko online. 

Gak mungkin saklek lah, kudu beli di toko baju, kudu beli di departemen store..heheee, gitu aja sich.

Urusan Pendidikan Anak

Nah, kalau yang ini mi dan bi tidak menutup kemungkinan menerima saran dari para orangtua yang memiliki pengalaman yang bisa dibilang sama. Contohnya banyak sekali orangtua yang menyarankan agar anak jangan dimasukkan ke sekolah dasar sebelum waktunya.

Mi contohnya, mi masuk SD pada usia lima tahun, dan Alhamdulillah semua terlewati dengan baik dan tidak ada kendala. Masalah mogok sekolah, sepertinya tiap anak, ada momentnya dech. Namun, memang perlu dipikirkan apakah psikologis mi dan anak mi itu sama? perlu didiskusikan lebih lanjut. Jadi, mi tidak akan menjadi orangtua yang saklek bahwa ini begini, itu begitu. Jadi, kakak Faiz, kamu maunya masuk SD apa masih tinggal di TK? orangtua yang sedang bingung..ahihiii

Urusan Pengasuhan Anak

Hayo, siapa yang tidak suka membaca artikel pengasuhan anak alias parenting. Sebetulnya mi kurang suka, tapi kadang mi mencari juga...yaaaa, bisa menjadi referensi dan bahan ilmu dari membaca artikel parenting. Tinggal mi yang menerapkannya harus mendiskusikan dengan abi dan melihat kondisi di keluarga mi.

Aduh kalau untuk menulis pengasuhan anak, mi akan terlihat kurang menguasai. Kenapa? karena ya itu, mi tidak memiliki satu atau beberapa teori pengasuhan anak. Teori yang mi miliki hanya satu, yang memang diajarkan oleh Allah dan Rosulnya. 




@astinas

 

Aksesoris Rambut Menggemaskan untuk Bayi Perempuan

Memiliki bayi perempuan memang menggemaskan sekali, mulai dari wajahnya yang unik, perlengkapan berpakaian hingga aksesoris rambutnya. Gak sabar sekali untuk mendandani mulai dari menggenakan pita, jepit dan bandana.

Sudah terbayang semenjak berada di dalam kandungan, bayi perempuan ini bakalan menggenakan baju warna ini, senada dengan baju yang mi pakai. Rambutnya akan diberikan bandana, jepit dan pita senada dengan warna baju. Haduuuh respot banget mikirnya ketika mi nulis ini sekarang.

Bayi Fira berusia satu bulan, mi nge-Mall dan mencari bandana untuk bayi Fira. Dapat sich, beli tiga... satu warna pink, satu warna merah dan putih. Ukurannya beda ada yang kecil dan ada yang besar. Pikir mi, yang besar untuk bayi Fira besar nanti.

Walah ternyata, dua yang berwarna merah dan putih itu kekecilan, apaan ini? mi gak paham ukuran kepala bayi Fira, yang pada usia satu bulan sudah semakin ndut. Jadi...tidak terpakai, sayang sekali ya sayang.

Nah, itu cerita pertama. Cerita yang kedua seperti ini.



Rambut bayi Fira itu seprti rambut mi, kalau abi bilang rambut singa yang ke atas, ngejegrak dan bikin gemes tangan pingin nano nanoin itu rambut. Mulai dari ciput buat bayi yang dibeli jauh sekali di Cilacap, eeeheeem hingga jepit dan bandana dibeli.

Apa yang terjadi, bayi Fira semakin terlihat cantik dan mi makin tersaingi. Uhuuuk. Klak klik bayi Fira diambil fotonya untuk kenang-kenangan ceritanya, belum sampai selesai sesi pemotretannya, tangan bayi Fira sudah melepaskan dengan tragis aksesoris rambutnya.

Bandana pernah menutupi mata dan bayi Fira menjadi histeris. Ciput apalagi, dikenyotin hiasan pitanya, aduuuh... nah kalau jepit yang nota benenya adalah barang yang tidak lunak, kan berbahaya sekali ya moms.

Lalu? oleh karena itu, mi mencoba untuk introspeksi diri, bahwa:

Belilah aksesoris rambut dengan bijak, agar tidak menyesal di kemudian hari. Kok bisa begitu, iya karena ternyata mi hanya menginginkan bayi Fira mengenakan, bukan menyamankan bayi Fira. Alhamdulillah sich, aksesoris yang dibeli untuk bayi Fira tidak sampai dikunyah sama kakak Faiz sich.

Saran mi ketika membeli aksesoris untuk bayi perempuan, ya seperti ini.
  1. Jangan kalap mata
  2. Bijak dengan menilai kewajaran ketika membeli
  3. Bahan yang aman untuk bayi menurut usianya
  4. rumput tetangga selalu terlihat hijau
  5. Tanya dulu ke bayinya..dedek suka? geleng belum tentu tidak mau, heheeee.
Salam
@astinas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...