Tuesday 17 February 2015

MPASI Beras Merah dan Sayuran

Hallo selamat pagi siang sore dan malam untuk anak mi, Faiz dan Fira. Apa kabar kalian semuanya? baik-baik saja ya? bagaimana makan kalian hari ini? menyenangkan, bukan? hehee...kakak Faiz makannya sudah bisa memilih yang ini dan yang itu, kalau bayi Fira, makannya masih harus mi yang menentukan, soal bayi Fira senang atau tidak, belum bisa protes ya? hihiii, paling protesnya dengan mengatupkan mulutnya, no no and no, after that, mi langsung memasukkan suapan lagi dech, ke bayi Fira.

Dua hari ini, bayi Fira mi buatkan nasi saring dengan menu utama beras merah. Mi membeli beras merah litteran, satu litternya 11k, lumayan murah, karena bisa untuk berapa kali makan. Untuk kaldunya dan proteinnya, mi berikan kaldu dan daging sapi diiris tipis-tipis, vitaminnya dari wortel dan brokoli. Siiip ya, mi menuliskan resepnya, karena ini adalah pertama kali mi membeli beras merah dan memasaknya untuk bayi Fira.



Nasi Saring Beras Merah, Daging Sapi, Wortel dan Brokoli

Bahan yang dibutuhkan

Beras merah satu genggam
Daging sapi beberapa centi, diiris tipir-tipis
Wortel ukuran satu jari telunjuk, diiris tipis
Brokoli empat hingga lima kuntum, diiris tipis
Air matang secukupnya

Cara membuatnya

Beras dicuci bersih menggunakan air matang
Rebus beras dalam kaldu daging sapi
Masukkan irisan wortel, brokoli dan daging sapi
Tambah air jika beras belum hancur
Aduk-aduk sehingga tidak lengket di panci
Angkat jika beras sudah lunak
Saring menggunakan saringan kawat, 
atau jika menggunakan blender, silahkan

Kesan pertama mi membuat bubur saring beras merah untuk Fira : ini pengalaman pertama, belanja pertama, memasak beras merah pertama. Aroma beras merah sangat khas dan membuat ingin mencicipinya. Hm...tuh aromanya masih terasa, lhooo...meskipun mi berada di kantor.


Setelah menyaring, suapan perdana dengan nasi beras merah untuk bayi Fira : kembali badan dan kepalanya bergoyang, hihiiii...how the taste? are you, like it? hooo...bayi Fira senang sekali, setelah melumat, mulut terbuka mi memberikannya lagi dan lagi meskipun sudah habis, bayi Fira mau lagi looo setelah diambilkan lagi.

Hari ini, menunya masih sama, beras merah namun mi berikan sayur bayam dan labu serta daging sapi untuk tambahannya. And, to day, hayo siapa yang menyuapi bayi Fira? mi sedang menyuapi kakak Faiz yang mau berangkat sekolah, jadi...yang menyuapi bayi Fira adalah abi Imam Subekty...syalalalalal.

Yup, mi memang melibatkan abi untuk bersama-sama menyiapkan menu makan bayi Fira, bi mau menyaring nasi saring Fira ketika mi sedang memasak menu makan dewasa atau ketika mi sedang memandikan bayi Fira. Soal menyuapi, bi imam sudah canggih dech, dan bi imam juga kaget ketika bayi Fira dengan lahapnya menyantap nasi saring beras merah.

#Kataabi boleh lah memberikan beras merah terus, bayi Fira sangat menyukai dan lahap sekali memakannya, namun...memang tidak boleh terus menerus seperti itu, takut bosan dan tidak mengenal makanan yang lainnya.

Alhamdulillah ya sayang.

@astinas


1 comment:

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^