Tuesday 20 January 2015

Aduh Bayi Fira Menolak Makanannya

Hallo Fira, Fira...atuuu tuuuh, atuuuh sayang sayang... lihat mi dech, Nak kamu kenapa? apa yang salah dengan brokoli? brokoli ough brokoli. Iya, hari Sabtu, menu nasi saring Fira daging sapi, brokoli dan wortel. Makan paginya mungkin karena Fira lapar, jadi lap lap dan lahap. Siang harinya embak yang menyuapi dan sore harinya makan bersama mi sehabis Fira mandi.

Fira menolak makan, aduuuh memang tidak menolak sekali hingga mengeluarkan atau menangis. Fira mengatupkan mulut dan ketika mi becandain, mulut Fira terbuka, masuk dech satu suapan, dua suapan...dan habis memang, namun mi melihat Fira cemberut. Mi berpikir, apa yang salah? tidak sukakah kamu dengan brokoli? karena menu yang kemarin-kemarin ada wortelnya, Fira biasa-biasa saja, atau mungkin karena masih mengantuk? 

Hari Minggu, mi mencoba membuat nasi saring dengan bahan utama daging ayam, brokoli dan wortel. Bagiamana makanmu dengan menu tersebut? pertama mi mengaduk nasi saring di depan Fira, Fira senang sekali dan cepat-cepat membuka mulut dan binar matamu terlihat senang dan melihat ke arah mangkuk nasi saringmu.

Gembira melihat mangkuk biru cantik makanannya

Nasi saring daging ayam, brokoli dan wortel


Namun, baru beberapa suap, mulut Fira terkatup lagi. Haduh ada apa ini? ada apa bayi Fira? dagingnya sudah berbeda, kemarin sapi sekarang ayam. Brokolinya yang masih menjadi bahan utamanya juga...ada apa dengan brokoli?

Mi coba menyuapi dengan pisang ambon. Mi mencoba rasa pisangnya terlebih dahulu, manis. Sewaktu mi menyuapi pisang, mulut Fira terkatup, namun mi mencoba dan akhirnya terbuka. Hap...mulut Fira komat-kamit merasakan rasa baru.

Mulut menolak makanan adalah bibir terkatup, beda sekali dengan yang di atas

Senang dan mau lagi, mau lagi...mi mencoba dengan nasi saring yang tadi, pleeeek...terkatup lagi setelahnya. Anak mi yang cantik, yang imut...what about brokoli? Hari Senin, mi mecoba membuat nasi saring tahu, labu dan wortel, karena mi sudah kesingan yang menyuapi adalah si embak.
Menurut informasi dari embak, Fira makannya lahap dan sewaktu mi pulang kantor, Fira sedang makan...waaaau mi menyuapi sedikit eeech..minta nambah lagi. Alhamdulillah ya sayang, masa ke dua anak mi musuhan sama si brokoli ini? ada apa?

Nah, bagaimana tipsnya nich, jika anak menolak makanannya? saran dari abi, jangan langsung menarik brokoli dari menu makananmu. Laah, kan Fira enggak mau, ya mencobanya dikurangi lagi brokolinya, jangan terlalu banyak.

Saran lagi yang ke dua, jangan langsung menyerah tidak menyelesaikan menyuapi menggunakan menu brokolinya, sedikit demi sedikit dengan mencoba mendongeng atau bercerita, sehingga mengalihkan rasa yang tidak disukai menjadi rasa menyenangkan.

Jika sudah cukup usianya untuk mengkonsumsi brokoli dengan variasi cara memasak, bisa juga membuat brokoli goreng tepung, agar anak tidak serta merta menolak untuk memakan brokoli. Hm...mi sudah membayangkan, mi membuat brokoli goreng tepung dengan cocolan saus cream kuning telur asin atau saus ikan tenggiri, pasti Fira suka dech.

Jadi intinya, jika anak menolak makanannya;
  1. Kurangi porsi makanan yang tidak disukai
  2. Jangan menghilangkan makanan yang tidak disukai
  3. Mencoba mengalihkan perhatian dengan bercerita
  4. Buat variasi makanan tersebut
Siiip, anak mi yang cantik, memang mamas Faiz dan mi juga tidak begitu suka brokoli, tapi nanti kita akan senang ya untuk mengkonsumsi brokoli.




3 comments:

  1. butuh kesabaran ya mbak nyuapin si kecil....

    ReplyDelete
  2. Jangankan yang anak2, aku denger brokoli goreng tepung dikasih cocolan saus telur asin aja ikut ngiler *glek*

    Semangat yaa mak MPASInyaaa ^^

    ReplyDelete
  3. Tipsnya akan sy terapkan kalo udh punya anak nanti, ah.
    Dulu sering bgt nyuapin ponakan yg susah makan.

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^